3 Manfaat Kemiri untuk Wajah, Salah Satunya Bantu Atasi Kerutan

Selasa, 06 Februari 2024 - 10:01 WIB
loading...
3 Manfaat Kemiri untuk Wajah, Salah Satunya Bantu Atasi Kerutan
Ada beragam manfaat kemiri untuk wajah yang bisa diketahui. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beragam manfaat kemiri untuk wajah yang bisa diketahui. Salah satunya mencerahkan kulit.

Kemiri (aleurites moluccana) adalah jenis tumbuhan tropis yang dikenal memiliki berbagai kegunaan. Bagian bijinya bisa diolah menjadi penyedap rasa hingga minyak.

Minyak yang diekstrak dari biji pohon kemiri telah menarik perhatian industri kecantikan, khususnya dalam hal perawatan kulit.



Mengutip laman Clinikally, ada sejumlah kandungan pada minyak kemiri yang bermanfaat bagi perawatan kulit. Beberapa di antaranya asam oleat, asam linoleat, hingga berbagai vitamin yang berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Kandungan tersebut nantinya saling bekerja sama guna memberi manfaat bagi kulit, termasuk pada bagian wajah.

Lantas, apa saja manfaat kemiri untuk wajah? Dihimpun dari berbagai sumber, Senin (5/2/2024), berikut sejumlah di antaranya yang bisa disimak.

Manfaat Kemiri untuk Wajah

1. Mencerahkan Kulit

Salah satu komponen penting dalam minyak kemiri adalah antioksidan. Kandungan ini memiliki banyak manfaat, termasuk bagi perawatan kecantikan.

Kandungan antioksidan pada minyak kemiri dapat melindungi kulit dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Nantinya, kulit yang awalnya kering dan kusam akan kembali menjadi lebih segar dan cerah.


2. Mengatasi Kerutan Wajah

Minyak kemiri juga sering digunakan dalam perawatan untuk mengatasi kerutan wajah hingga lingkaran hitam di bawah mata. Lagi, manfaat ini bisa didapat dari kandungan bermanfaat pada minyak kemiri seperti antioksidan.

Tak hanya kerutan, antioksidan pada minyak kemiri juga menghadirkan manfaat lain. Misalnya, seperti mengganti sel-sel pada kulit yang mati.

3. Bantu Menangkal Gangguan pada Kulit

Dalam kandungannya, minyak kemiri juga dikatakan memiliki sifat antibakteri. Komponen ini bisa membawa manfaat bagi pengguna, termasuk dalam kaitannya dengan kesehatan kulit.

Ada beberapa manfaat yang bisa diambil. Misalnya membantu mengatasi jerawat dan meredakan peradangan kulit.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah manfaat kemiri bagi wajah yang bisa diketahui. Semoga bermanfaat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2611 seconds (0.1#10.140)