7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Berjemur hingga Konsumsi Kalsium

Rabu, 07 Februari 2024 - 17:00 WIB
loading...
7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Berjemur hingga Konsumsi Kalsium
Seiring dengan bertambahnya usia, Anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan tulang dan darah. Dua bagian tubuh tersebut menjadi masalah bagi manusia. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Seiring dengan bertambahnya usia, Anda perlu mengetahui cara menjaga kesehatan tulang dan darah. Dua bagian tubuh tersebut terbukti menjadi masalah bagi manusia, terutama saat usia mendekati senja.

Tak hanya untuk bergerak, tulang berperan besar dalam membentuk struktur atau rangka tubuh, melindungi organ tubuh dan menyimpan kalsium.

Jika tidak dijaga kesehatannya, tulang akan lemah dan keropos sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik. Resiko terburuk, Anda akan mudah mengalami patah tulang.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang





1. Perbanyak Asupan Kalsium


Selain vitamin D, memenuhi asupan kalsium bagi tubuh juga penting dalam cara menjaga kesehatan tulang. Berikut adalah beberapa jenis minuman dan makanan yang mengandung kalsium dan baik dikonsumsi sebagai cara menjaga kesehatan tulang:

Kacang–kacangan, tahu, produk olahan susu, sayuran hijau (kubis dan brokoli), ikan salmon dan makanan yang terbuat dari olahan tepung yang difortifikasi (penambahan zat gizi).

2. Menjaga Berat Badan Ideal


Mempertahankan berat badan ideal cukup penting agar Anda bisa terhindar dari beberapa risiko penyakit. Menjaga berat badan ideal juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang.

Berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko cedera pada tulang. Oleh karenanya, Anda disarankan mengonsumsi minuman bebas gula buatan . Pastikan pula mengonsumsi makanan sehat.

3. Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi


Salah satu cara menjaga kesehatan tulang alami adalah dengan memenuhi kebutuhan vitamin D lewat sinar matahari pagi. Diketahui luas bahwa sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang baik bagi tubuh karena dapat membantu penyerapan kalsium.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)