Jangan Buang Kulit Buah Delima, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jum'at, 09 Februari 2024 - 21:28 WIB
loading...
Jangan Buang Kulit Buah Delima, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan
Buah delima dan jusnya dikenal karena beragam manfaat kesehatannya seperti meningkatkan tekanan darah dan glukosa, serta menjaga kolesterol tetap terkendali. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Buah delima dan jusnya dikenal karena beragam manfaat kesehatannya seperti meningkatkan tekanan darah dan glukosa darah, serta menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Namun tahukah Anda bahwa kulit buah delima yang berwarna merah cerah juga kaya akan antioksidan?

Orang-orang akhirnya membuang kulitnya tanpa berpikir dua kali, karena mengira tidak bisa dimakan. Namun, kulit buah delima telah banyak digunakan untuk berbagai manfaat kesehatan dan kecantikan dalam pengobatan Ayurveda, sebuah praktik alternatif yang berasal dari budaya India.

Kulit buah delima, seperti halnya buahnya sendiri, menyediakan berbagai senyawa bermanfaat yang memberikan efek positif bagi kesehatan. Berikut manfaat kulit buah delima untuk kesehatan dilansir dari Health Shots, Jumat (9/2/2024).

Jangan Buang Kulit Buah Delima, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan





Jangan Buang Kulit Buah Delima, Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Foto/Infografis SINDOnews

1. Sifat Antioksidan


Stres oksidatif dalam tubuh selalu berbahaya. Jika tidak ditangani dapat menimbulkan penyakit kesehatan kronis seperti kanker. Kulit buah delima kaya akan antioksidan, termasuk polifenol dan flavonoid. Komponen-komponen ini membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

2. Efek Anti Inflamasi


Antioksidan yang tersedia dalam kulit buah delima berkontribusi terhadap efek anti-inflamasi, berpotensi membantu kondisi yang berhubungan dengan peradangan kronis.

3. Kesehatan Jantung


Kulit buah delima memiliki dampak positif pada kesehatan jantung. Kulit ini bisa membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

4. Kesehatan Kulit


Antioksidan dalam kulit buah delima dapat berkontribusi pada kesehatan kulit dengan melindungi dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan meningkatkan produksi kolagen. Beberapa produk perawatan kulit mengandung ekstrak buah delima karena alasan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1535 seconds (0.1#10.140)