Apakah Mentimun Boleh untuk Penderita Asam Urat? Kenali Manfaatnya

Sabtu, 10 Februari 2024 - 09:00 WIB
loading...
Apakah Mentimun Boleh untuk Penderita Asam Urat? Kenali Manfaatnya
Mentimun adalah salah satu buah yang sering direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam urat. Ini karena memiliki kandungan air yang tinggi. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Mentimun adalah salah satu buah yang sering direkomendasikan untuk mereka yang memiliki masalah dengan asam urat . Ini karena memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan hidrasi tubuh dan membantu dalam proses pengeluaran asam urat melalui urine.

Dilansir dari Live Strong, Sabtu (10/2/2024) selain itu, mentimun juga rendah purin. Ini merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Mentimun sangat rendah purin, hanya mengandung 7,3 miligram purin dalam setiap 100 gram sayuran. Sebagai perbandingan, makanan tinggi purin mengandung lebih dari 200 miligram purin dalam setiap 100 gramnya.

Seperti 411 miligram purin dalam 100 gram ikan teri. Oleh karena itu, mentimun ideal untuk diet rendah purin dan mencegah asam urat.



Apakah Mentimun Boleh untuk Penderita Asam Urat? Kenali Manfaatnya

Foto/Infografis SINDOnews

Namun, penting untuk diingat bahwa mentimun tidak boleh menjadi satu-satunya perubahan dalam pola makan bagi mereka yang memiliki masalah dengan asam urat.

Penting untuk memperhatikan pola makan secara keseluruhan. Termasuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi purin seperti daging merah, daging organ, dan makanan laut tertentu seperti ikan sarden, teri, dan kerang, serta minuman beralkohol.

Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antiinflamasi alami. Seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan berbasis biji-bijian.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan individu Anda. Setiap orang memiliki kebutuhan makanan yang berbeda, tergantung pada kondisi kesehatan secara keseluruhan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2414 seconds (0.1#10.140)