Jus Mentimun Efektif Menurunkan Asam Urat, Segar dan Rendah Purin

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 11:37 WIB
loading...
Jus Mentimun Efektif Menurunkan Asam Urat, Segar dan Rendah Purin
Jus mentimun efektif menurunkan asam urat. Ini karena timun merupakan salah satu jenis makanan yang rendah purin sehingga baik dikonsumsi penderita asam urat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Jus mentimun efektif menurunkan asam urat . Ini karena timun merupakan salah satu jenis makanan yang rendah purin sehingga baik dikonsumsi penderita asam urat.

Dilansir dari India TV, Jumat (11/8/2023) jus mentimun bekerja menurunkan asam urat dengan cara mengeluarkan purin dari tubuh.

Selain itu, minum jus mentimun dengan sedikit jeruk nipis dapat membantu mendetoksifikasi hati, ginjal, dan mengurangi kadar asam urat dalam aliran darah.



Jus Mentimun Efektif Menurunkan Asam Urat, Segar dan Rendah Purin

Foto/Infografis SINDOnews

Dilansir dari Times of India, ini karena kandungan potasium dan fosfor yang membantu detoksifikasi ginjal dan membantu meningkatkan fungsi ginjal sehingga membuang racun dari tubuh.

Di sisi lain, sayuran ini juga sangat rendah purin dan hanya mengandung 7,3 miligram setiap 100 gram. Biasanya, makanan tinggi purin mengandung lebih dari 200 miligram dalam setiap 100 gramnya.

Selain mengandung kadar purin yang rendah, mentimun juga tinggi air yang juga baik untuk mengurangi asam urat. Air membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.



Untuk itu, mentimun dapat meningkatkan asupan air harian Anda secara signifikan. Karena sederet kandungan itu lah, mentimun ideal untuk diet rendah purin dan pencegah asam urat.

Asam urat sendiri merupakan radang sendi yang dapat menyerang siapa saja. Kondisi ini ditandai dengan serangan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah, pembengkakan, kemerahan dan nyeri pada satu atau lebih persendian.

Serangan asam urat paling sering terjadi di jempol kaki. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat hingga perubahan gaya hidup sehat seperti menghindari makanan atau minuman mengandung purin.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2765 seconds (0.1#10.140)