Empat Tips Belanja Online Cerdas dan Aman saat Pandemi

Kamis, 13 Agustus 2020 - 01:50 WIB
loading...
Empat Tips Belanja Online Cerdas dan Aman saat Pandemi
Kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan pembelian online selama pandemi Covid-19, dan ini akan terus mengalami peningkatan setelah pandemi berakhir. / Foto: ilustrasi/IT Brief NZ
A A A
JAKARTA - Selama pandemi Covid-19 bisa dibilang banyak tren baru yang bermunculan dan terus meningkat. Mulai dari bercocok tanam, bersepeda, enggak ketinggalan juga berbelanja online . Meskipun pemerintah Indonesia sudah melonggarkan tempat umum seperti pusat perbelanjaan, belanja daring tetap menjadi pilihan agar konsumen terhindar paparan Covid-19 .

(Baca juga: Yuk Intip! Berapa Sih Bantuan Bank BRI untuk Penanganan Corona )

Menukil data Bain & Company dan Facebook, kawasan Asia Tenggara mengalami peningkatan pembelian online selama pandemi Covid-19 , dan ini akan terus mengalami peningkatan setelah pandemi . Namun, enggak menutup kemungkinan juga, karena enggak ada "hiburan" lain di rumah, Anda jadi kalap belanja . Agar lebih bijak, Eraspace berbagisejumlah tips belanja yang cerdas dan aman selama pandemi.

1. Belanja Barang yang Dibutuhkan

Sama seperti kita belanja offline, belanjalah sesuai kebutuhan. Pikir dan pertimbangkan barang-barang apa saja yang Anda butuhkan. Laptop atau tablet buat WFH di rumah? Atau bluetooth speaker buat yoga? Keputusan ada di tangan Anda.

Kalau mengikuti keinginan, bakal tidak ada habisnya keinginan-keinginan Anda, sementara anggaran belum tentu memadai. Jangan terlalu sering membuka situs belanja daring biar enggak tergoda beli barang-barang enggak penting.

2. Teliti dalam Membaca Produk

Percaya enggak percaya hal ini masih sering terjadi di Indonesia. Pastikan Anda menjadi konsumen yang cermat membaca spesifikasi produk. Untuk menghindari sesal dan gelisah saat barang yang sampai ke rumah enggak sesuai ekspektasi, baca baik-baik deskripsi kualitas, kuantitas, bahan, warna, ukuran dan hal lainnya.

Sebagai pembeli, Anda harus punya product knowledge yang cukup. Ingat juga prinsip ada harga ada rupa.

3. Cari Penjual yang Menawarkan Garansi Resmi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)