Dimas Anggara Bangga dan Penuh Perjuangan Perankan Sosok Lafran Pane

Selasa, 06 Februari 2024 - 19:52 WIB
loading...
Dimas Anggara Bangga dan Penuh Perjuangan Perankan Sosok Lafran Pane
Aktor Dimas Anggara yang merasa bangga perankan sosok Lafran Pane dalam Film Lafran.
A A A
JAKARTA - Aktor Dimas Anggara mengungkapkan rasa bangga bisa dipercaya berperan sebagai seorang pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bernama Lafran Pane. Meski di sisi lain tak dapat dipungkiri perjuangan tak mudah untuk memerankan sosok tersebut.

"Yang pasti aku ngerasa bangga dan terhormat dipercaya memerankan Lafran Pane, yang merupakan tokoh pendiri HMI yang saat ini menjelma menjadi salah satu organisasi mahasiswa Islam," ujar Dimas Anggara kepada SINDOnews dalam nobar film Lafran di XXI Epicentrum, belum lama ini.

Suami Nadine Chandrawinata mengungkapkan, untuk bisa menyesuaikan karakter tokoh Lafran muda, dirinya banyak membaca berbagai buku sejarah yang bercerita tentang tokoh yang dibintanginya tersebut. "Saya banyak diskusi dengan adik dan anak beliau. Googling juga, bagaimana sepak terjang beliau dalam mewujudkan cita-citanya. Bahkan saya juga sampai ziarah ke makam beliau saat proses syuting-nya berlangsung pada 2020 lalu," jelasnya.

Menurut aktor kelahiran Jakarta 10 September 1988 ini, sosok Lafran Pane bisa menjadi inspirasi untuk anak-anak muda. Semasa hidupnya Lafran adalah sosok yang mampu menciptakan kehidupan demokratis di Indonesia.

Selain itu, Dimas harus menaikkan berat badannya sebanyak 15 kilogram untuk bisa mendekati gambaran fisik Lafran Pane. "Saya rela menaikan berat badan agar bisa mendekati karakter beliau dan pada akhirnya saya naik sekitar 15 kilogram pada saat itu. Dan menurut saya melakukan research untuk beliau ini susah sekali,” papar Dimas.

Pemilik nama lengkap Dimas Anggara Moeharyoso ini berkesempatan untuk bertemu dengan keluarga mendiang Lafran dan sejumlah anggota HMI. Dimas bahkan melakukan ziarah ke makam Lafran Pane beberapa kali selama proses syuting. Meski tak mudah, aktor berusia 35 tahun ini tetap menikmati prosesnya.

Dia begitu bangga bisa berkesempatan memerankan tokoh pahlawan Tanah Air termasuk pendiri HMI yang begitu inspiratif. Kenapa saya menolak (peran ini)? Ini tokoh yang luar biasa. Ini kan tokoh pahlawan nasional ya, jadi ini kesempatan yang luar biasa buat saya,”tutur Dimas.

Film Lafran sendiri merupakan karya biopik yang menceritakan Lafran Pane, seorang pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Film ini akan menceritakan sosok Lafran dari usia kecil hingga dewasa dan perjuangannya mendirikan HMI di tengah keraguan masyarakat pada saat itu.

Film tersebut dibintangi Dimas Anggara, Lala Karmela, Mathias Muchus, Tanta Ginting, Ariyo Wahab, Alfie Affandi, Rendra Bagus, Ratna Riantiarno, Rangga Natra, dan Ruth Marini Lafran ini akan tayang di bioskop pada bulan Mei 2024 mendatang.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2598 seconds (0.1#10.140)