7 Sumber Lemak Terbaik untuk Vegetarian, Alpukat Tingkatkan Kesehatan Jantung

Jum'at, 16 Februari 2024 - 09:03 WIB
loading...
7 Sumber Lemak Terbaik untuk Vegetarian, Alpukat Tingkatkan Kesehatan Jantung
Alpukat menjadi salah satu sumber lemak baik untuk vegetarian. Foto/ heart.org
A A A
JAKARTA - Ketika orang memutuskan untuk menurunkan berat badan, pertama-tama mereka mengurangi lemak dari pola makannya. Cara ini terbilang salah karena mereka juga membutuhkan lemak baik.

Meski orang non-vegetarian dapat dengan mudah mendapatkan kandungan lemak dari daging, tetapi sulit untuk menemukan sumber lemak yang sehat bagi vegetarian karena mereka tidak mengonsumsi daging, ikan atau telur.



Sementara, tidak semua makanan yang mengandung lemak baik untuk kesehatan. Sebaliknya, beberapa mungkin mengandung lemak trans jenuh, yang umumnya dikenal sebagai lemak tidak sehat.

Dikutip StyleCraze, berikut sumber lemak sehat yang harus Anda masukkan ke dalam makanan:

Sumber lemak terbaik

1. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang almond dan biji-bijian merupakan makanan berlemak sehat untuk vegetarian. Sebut saja almond, kenari dan kacang mete. Ini merupakan sumber yang sangat kaya akan asam lemak omega 3 yang juga ditemukan pada ikan berlemak yang menambah tingkat kolesterol baik.

Biji rami, biji labu, biji chia, dan biji bunga matahari memiliki rasa yang sedikit pedas dan dapat dipanggang kering untuk digunakan di atas salad, oatmeal, atau makanan yang dipanggang.

2. Kacang kedelai

Kacang kedelai kaya akan asam lemak omega-6 yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Mayones

Mayones juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang sangat baik. Jadi, jika And takut mengoleskan keju atau mentega pada sandwich, Anda bisa diganti dengan mayones.

4. Tahu

Tahu sebagai sumber lemak sehat. Rasanya hampir sama dengan paneer yang berbahan dasar susu. Ini adalah salah satu sumber lemak terbaik, terutama lemak tak jenuh ganda yang dapat mengatur kadar gula darah.

5. Susu Kedelai

Ini adalah sumber lemak tak jenuh ganda yang baik yang dapat memperbaiki gejala penyakit kardiovaskular, diabetes, dll.


6. Minyak jagung

Minyak jagung juga merupakan sumber lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

7. Alpukat dan zaitun

Alpukat dan zaitun mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal yang dapat melindungi dari penyakit jantung. Makanlah setengah buah alpukat per hari. Buah ini baik untuk jantung dan meningkatkan daya ingat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1390 seconds (0.1#10.140)