5 Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Meredakan Stres

Kamis, 15 Februari 2024 - 11:05 WIB
loading...
5 Manfaat Daun Sirih, Salah Satunya Meredakan Stres
Daun sirih memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya mengurangi stres. Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Daun sirih kaya akan manfaat kesehatan, dari mengendalikan diabetes hingga mengurangi stres. Tak heran jika daun yang satu ini bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi usai Pilpres 2024.

Daun sirih memiliki sifat anti diabetes, kardiovaskular, anti inflamasi, anti maag, dan anti infeksi. Per 100 gramnya, daun sirih mengandung 1,3 mikrogram yodium, 4,6 mikrogram kalium, 1,9 mol atau 2,9 mcg vitamin A, 13 mikrogram vitamin B1, dan 0,63 hingga 0,89 mikrogram asam nikotinat.


Manfaat daun sirih

1. Membantu mengatasi sembelit

Daun sirih dianggap sebagai pembangkit tenaga antioksidan yang menjaga tingkat pH normal dalam tubuh dan meredakan masalah yang berhubungan dengan perut. Penggunaannya sangat bermanfaat dalam kasus sembelit. Untuk meredakan masalah perut, daun sirih dihaluskan dan direndam semalaman dalam air. Setelah bangun tidur di pagi hari, saring airnya dan minum saat perut kosong.

2. Menjaga kesehatan mulut

Daun sirih mengandung banyak sifat antimikroba yang meredakan bau mulut, gigi menguning, plak, dan kerusakan gigi. Mengunyah sedikit pasta yang terbuat dari daun sirih setelah makan bermanfaat bagi kesehatan mulut. Ini juga meredakan sakit gigi, nyeri gusi, bengkak, dan infeksi mulut. Ahli gizi selebriti Shweta Shah mengatakan daun sirih memiliki sifat antiseptik alami yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut dan meningkatkan kebersihan mulut.

3. Bermanfaat bagi sistem pernapasan

Daun sirih terutama digunakan dalam Ayurveda untuk pengobatan penyakit pernafasan seperti batuk, bronkitis, dan asma. Senyawa yang ditemukan di daunnya membantu meredakan hidung tersumbat dan meningkatkan pernapasan.

4. Meredakan stres

Mengunyah daun sirih dapat meredakan stres dan kecemasan. Ini menenangkan tubuh dan pikiran, dan senyawa fenolik yang ditemukan dalam daun sirih melepaskan senyawa organik katekolamin dari tubuh. Oleh karena itu, mengunyah daun sirih dapat membantu menghindari perubahan suasana hati yang sering terjadi.


5. Mengontrol diabetes

Daun sirih memiliki sifat antihiperglikemik yang berfungsi mengendalikan masalah gula. Daun sirih mencegah peningkatan jumlah glukosa dalam darah. Penderita diabetes tipe 2 mendapat manfaat dari mengunyah daunnya saat perut kosong di pagi hari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2275 seconds (0.1#10.140)