Tetap Aman Berkunjung ke Rumah Sakit di Masa New Normal

Kamis, 13 Agustus 2020 - 15:51 WIB
loading...
Tetap Aman Berkunjung ke Rumah Sakit di Masa New Normal
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Rumah sakit menjadi salah satu tempat yang sering dihindari pada masa pandemi ini. Kekhawatiran akan tertular COVID-19 menjadi penyebabnya. Padahal, beberapa pemeriksaan rutin dan imunisasi si kecil harus tetap dijalani.

Menurut dr. Felix Samuel, M.Kes yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah, ada beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya tidak menunda pemeriksaan kesehatan di masa new normal. Yakni mereka yang memiliki gangguan kesehatan metabolik seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, masalah jantung dan kardiovaskular; ibu hamil; dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi.

Konsultasi secara tatap muka dengan dokter sebaiknya tetap dilakukan bagi pasien dengan kondisi kesehatan tertentu. Pada sesi konsultasi tatap muka ini, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan kondisi pasien secara lebih menyeluruh. (Baca: Hilangkan Cemas Berlebihan dengan 5 Aplikasi Kesehatan Mental Ini)

“Selain itu, pasien dengan gangguan metabolik ini juga disarankan melakukan pemeriksaan darah rutin di laboratorium untuk memantau kesehatannya secara berkala. Maka itu, kontrol dan konsultasi dengan dokter sebaiknya tidak ditunda meskipun di masa new normal ini,”ujarnya.

Ibu hamil tetap memeriksakan kehamilannya, sebab ada beberapa waktu penting yang tidak boleh dilewatkan. Tak hanya untuk memantau perkembangan janin, juga untuk memastikan kesehatan sang ibu. Antenatal care yang tetap dilakukan akan menghindarkan Anda dan janin dari kemungkinan komplikasi yang dapat membahayakan.

Imunisasi si kecil sebaiknya juga tetap terlaksana sesuai jadwal, supaya efektivitasnya lebih terjamin karena dilakukan tepat pada waktunya. Hal ini penting dilakukan untuk melindungi si kecil dari penyakit infeksi lain selain COVID-19, seperti hepatitis, polio, tuberkulosis, campak, difteri, meningitis, rubella, cacar, dan sebagainya,” saran dr. Felix. (Baca juga: Di Rumah Saja, Anak Harus Tetap Aktif)

Adapun kelompok usia lanjut dengan kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter, apalagi jika memang harus mengonsumsi obat rutin. Dengan pemeriksaan berkala, baik secara langsung ataupun dengan medium lain, akan menentukan kelanjutan pengobatan yang harus dijalani agar kesehatan selalu terjaga.

Dr. Felix memberikan tips terkait protokol kunjungan ke rumah sakit. Pilih rumah sakit dengan protokol kesehatan yang ketat atau yang memisahkan area pasien dengan gejala COVID-19 dengan pasien dan pengunjung lainnya. Kenakan masker dan face shield jika diperlukan. Ganti masker apabila sudah basah. Pastikan Anda selalu berada dengan jarak minimal 1-2 meter dengan orang lain. (Lihat videonya: Jaksa Cantik Pinangki jadi Tersangka, Diduga Terima Suap Rp7 Miliar)

Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer berbahan dasar alkohol selama minimal 20 detik. Upayakan juga untuk menghindari menyentuh fasilitas umum. Datanglah mendekati waktu konsultasi dokter sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama di rumah sakit. Jangan lupa untuk segera mandi hingga bersih dan mengganti pakaian setelah Anda tiba kembali di rumah. (Sri Noviarni)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)