Viral! Fenomena Langka Perubahan Zona Waktu di Papua Diperlihatkan Pengendara Mobil, Ini yang Terjadi

Minggu, 18 Februari 2024 - 18:58 WIB
loading...
Viral! Fenomena Langka Perubahan Zona Waktu di Papua Diperlihatkan Pengendara Mobil, Ini yang Terjadi
Pengendara mobil belakangan viral karena membagikan fenomena langka ketika ia menyaksikan sendiri perubahan zona waktu di kawasan Papua Barat. Foto/TikTok @toms223
A A A
PAPUA BARAT - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang sangat luas. Saking luas, beberapa daerah memiliki perbedaan waktu yang cukup signifikan.

Selama ini, perbedaan waktu itu bisa dirasakan oleh beberapa orang yang tinggal di pulau yang berbeda. Sehingga, hal ini membuat waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia bagian Tengah (WITA) dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Misalnya, waktu di Jakarta yang lebih lama dibandingkan di Bali yang lebih cepat satu jam, atau dengan Papua yang lebih cepat dua jam. Namun, bagaimana jadinya jika Anda tengah dalam sebuah perjalanan melintasi garis waktu tersebut?



Hal inilah yang baru-baru ini dialami oleh seorang pengendara mobil yang belakangan viral karena membagikan fenomena langka ketika ia menyaksikan sendiri perubahan zona waktu di kawasan Papua Barat.

Momen tersebut terekam dalam sebuah video dan pertama kali diunggah di akun TikTok @toms223.

Dalam video itu, salah satu penumpang mobil tampak memperlihatkan zona waktu yang terpampang di ponselnya. Sebelumnya, waktu menunjukkan pukul 17.44 WIT saat mobil mereka masih melintas di Kabupaten Manokwari.

Namun, bak kembali ke masa lalu, waktu di ponsel tersebut mendadak berubah menjadi pukul 15.44 WIB, di mana waktu menjadi mundur 2 jam ketika mereka sampai di perbatasan Manokwari Selatan, tepatnya ketika mereka melintasi sebuah jembatan panjang.

“Teman-teman, fokus di jamnya ya. Kita sekarang berada di perbatasan antara Kabupaten Manokwari dan Manokwari Selatan, tepatnya di Kampung Masabui,” ujar salah satu penumpang mobil tersebut.

“Di sini ada fenomena zona waktu di daerah sini, dia akan berubah ke zona waktu Indonesia Barat. Sekarang kita tepat di sini pukul 17.44. Nanti sampai di jembatan situ dia akan kembali ke jam 15.44. Kita tahu bahwa Papua itu Waktu Indonesia Timur. Selisih dua jam dengan pulau Jawa dan Sumatera. Oke kita sudah di jembatan, lihat teman-teman jam nya kembali ke 15.44,” tuturnya, dikutip Minggu (18/2/2024).

Namun, hal tak terduga kembali terjadi. Fenomena langka terkait perubahan zona waktu tersebut kembali terjadi, ketika mereka telah melewati jembatan yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Manokwari dengan Manokwari Selatan, Papua.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)