Mengapa Air Kelapa Begitu Banyak Khasiatnya? Simak 7 Penjelasan Ini!

Senin, 19 Februari 2024 - 06:36 WIB
loading...
Mengapa Air Kelapa Begitu Banyak Khasiatnya? Simak 7 Penjelasan Ini!
Air kelapa menjadi minuman yang cukup ngetren belakangan ini. Selain memiliki cita rasa manis alami dan mampu menghidrasi tubuh, air kelapa juga kaya akan nutrisi penting. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Air kelapa menjadi minuman yang cukup ngetren belakangan ini. Selain memiliki cita rasa manis alami dan mampu menghidrasi tubuh, air kelapa juga kaya akan nutrisi penting. Itulah mengapa air kelapa begitu banyak khasiatnya.

Berikut khasiat air kelapa yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti dikutip dari laman Healthline, Senin (19/2/2024).

1. Padat Nutrisi

Air kelapa adalah cairan yang terdapat di tengah kelapa muda yang masih hijau. Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6–7 bulan, meskipun juga ditemukan pada buah matang. Kelapa hijau rata-rata menyediakan sekitar 1/2–1 cangkir air kelapa.

Air kelapa mengandung 94% air dan sedikit lemak. Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 60 kalori, serta:



- Karbohidrat: 15 gram
- Gula: 8 gram
- Kalsium: 4% dari nilai harian (DV)
- Magnesium: 4% dari DV
- Fosfor: 2% dari DV
- Kalium: 15% dari DV

2. Kemungkinan Memiliki Sifat Antioksidan

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi di sel Anda selama metabolisme. Produksinya meningkat sebagai respons terhadap stres atau cedera.

Ketika radikal bebas terlalu banyak, tubuh Anda memasuki kondisi stres oksidatif, yang dapat merusak sel dan meningkatkan risiko penyakit.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa air kelapa mengandung antioksidan yang dapat membantu memodifikasi radikal bebas sehingga tidak lagi menimbulkan bahaya.

Dalam sebuah penelitian tahun 2012, tikus yang resisten insulin dan menjalani diet tinggi fruktosa diobati dengan air kelapa. Aktivitas radikal bebas menurun, begitu pula tekanan darah, trigliserida, dan kadar insulin.

Studi lain dari tahun 2014 menemukan bahwa hati tikus yang rusak menunjukkan perbaikan stres oksidatif yang signifikan ketika diberi air kelapa dibandingkan dengan hati yang tidak mendapat pengobatan.

Studi ketiga pada 2016 menyoroti manfaat ekstrak air kelapa pada tikus yang diberi diet tinggi lemak. Air kelapa tidak hanya membantu menurunkan penanda kolesterol, tetapi juga menunjukkan "potensi antioksidan".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)