Apakah Bumil Harus Minum Susu Ibu Hamil? Ini Kata Dokter

Minggu, 18 Februari 2024 - 15:30 WIB
loading...
Apakah Bumil Harus Minum Susu Ibu Hamil? Ini Kata Dokter
Banyak orang percaya ibu hamil (Bumil) harus minum susu hamil karena kandungan nutrisinya yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Banyak orang percaya bahwa ibu hamil (Bumil) harus minum susu hamil karena kandungan nutrisinya yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan. Susu ibu hamil biasanya kaya akan kalsium, protein, asam folat, zat besi, dan berbagai vitamin dan mineral penting lainnya.

Kandungan pada susu ibu hamil ini mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta kesehatan ibu hamil. Namun, tidak semua bumil harus minum susu khusus ibu hamil.

Beberapa faktor seperti kondisi kesehatan ibu, diet sehari-hari, preferensi makanan, dan intoleransi terhadap susu dapat memengaruhi apakah susu ibu hamil diperlukan atau tidak.

Dalam kasus tertentu, ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Hal ini untuk menentukan apakah mereka memerlukan suplemen susu khusus atau nutrisi yang mereka butuhkan dapat dipenuhi melalui diet seimbang yang lain.



Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Uf Bagazi Sp.OG mengatakan bahwa ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi secara langsung bukan dalam bentuk olahan.

Apabila ibu hamil sudah mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang, maka susu hamil bukanlah suatu hal yang wajib untuk dikonsumsi. Susu hamil berperan hanya sebagai pelengkap nutrisi ibu saja.

“Orang hamil harus beli susu hamil, padahal tidak harus beli susu hamil. Kalau dia sehat dia bisa mengkonsumsi (makanan bergizi) silahkan gitu,” kata dr. Uf Bagazi dalam podcast Mom’s Corner di kanal YouTube Nikita Willy Official dikutip Minggu (18/2/2024).

Ibu hamil, disarakan dr. Uf Bagazi untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang beragam. Seperti tahu, tempe, telur, ikan, dan daging yang bergantian setiap harinya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)