8 Negara yang Paling Banyak Makan Nasi di Dunia, Indonesia Nomor 3

Minggu, 25 Februari 2024 - 09:30 WIB
loading...
8 Negara yang Paling Banyak Makan Nasi di Dunia, Indonesia Nomor 3
Negara yang paling banyak makan nasi di dunia ditempati oleh China. Sementara Indonesia posisi ketiga yang mana menjadikan nasi makanan pokok sehari-hari. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Negara yang paling banyak makan nasi di dunia ditempati oleh China. Sementara Indonesia sendiri berada di posisi ketiga yang mana menjadikan nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, China mengonsumsi nasi lebih banyak dibandingkan negara lain. Di mana tercatat sekitar 150 juta metrik ton dikonsumsi pada 2023 hingga 2024.

Setelah China, India juga tercatat menjadi negara yang paling banyak makan nasi di dunia. Di mana berada pada peringkat kedua dengan 118 juta metrik ton beras yang dikonsumsi pada periode yang sama.

Negara yang Paling Banyak Makan Nasi di Dunia



Selain itu, nasi menyumbang hingga 50 persen dari pasokan kalori harian. Berikut daftar negara yang paling banyak makan nasi di dunia dilansir dari World Atlas, Minggu (25/2/2024).



1. China


China adalah konsumen sekaligus produsen nasi terbesar di dunia. Sekitar 65 persen penduduk di negara ini mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, dan hal ini didukung oleh meluasnya penggunaan beras hibrida dan kondisi budidaya yang sesuai. China sering mengekspor dan mengimpor beras.

2. India


Lebih dari separuh penduduk India bergantung pada nasi sebagai makanan pokok, dan pemerintah memainkan peran penting dalam produksi beras untuk dikonsumsi melalui pengadaan dan memulai program distribusi. Petani didukung dalam berbagai tahap produksi yang sebagian besar melalui subsidi dan produksi, yang mencakup pupuk, benih, listrik, dan mesin.

3. Indonesia


Konsumen beras terbesar ketiga di dunia adalah Indonesia yang mengonsumsi 37.400 metrik ton. Sekitar 77 persen petani di Indonesia menanam padi, dan merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia dimana padi merupakan tanaman pangan terpentingnya.

4. Bangladesh


Sebagai negara dengan budaya kuliner yang kaya, Bangladesh juga memiliki tingkat konsumsi nasi yang tinggi. Nasi adalah makanan pokok di sana dan merupakan bagian tak terpisahkan dari hidangan sehari-hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)