8 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat Pereda Nyeri

Minggu, 25 Februari 2024 - 16:00 WIB
loading...
8 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat Pereda Nyeri
Sakit kepala adalah penyakit umum yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia, mulai dari rasa tidak nyaman ringan hingga rasa sakit yang melemahkan. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sakit kepala adalah penyakit umum yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia, mulai dari rasa tidak nyaman ringan hingga rasa sakit yang melemahkan. Biasanya banyak orang mengatasi kondisi ini dengan mengonsumsi obat pereda nyeri.

Meskipun obat pereda nyeri dapat meredakan nyeri, penggunaan yang sering dapat menyebabkan ketergantungan dan potensi efek samping. Untungnya, ada beberapa pengobatan alami yang efektif meredakan sakit kepala tanpa memerlukan obat-obatan.

Berikut cara meredakan sakit kepala tanpa obat pereda nyeri dilansir dari Times of India, Minggu (25/2/2024).

Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat Pereda Nyeri





8 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat Pereda Nyeri

Foto/Infografis SINDOnews

1. Hidrasi


Dehidrasi adalah pemicu umum sakit kepala, sehingga asupan cairan yang cukup penting untuk pencegahan dan pertolongan. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan perubahan struktur dan fungsi otak, sehingga memperburuk gejala sakit kepala.

Agar tetap terhidrasi, usahakan untuk minum setidaknya delapan gelas air per hari, lebih banyak jika melakukan aktivitas berat atau saat cuaca panas. Selain itu, mengonsumsi makanan yang menghidrasi seperti semangka, mentimun, dan sup dapat melengkapi asupan cairan dan membantu meringankan sakit kepala akibat dehidrasi.

2. Mengelola Stres


Stres kronis merupakan penyebab utama sakit kepala tegang dan migrain. Menerapkan teknik pengurangan stres dapat secara efektif meredakan gejala sakit kepala dan mencegah terulangnya kembali. Latihan pernapasan dalam, meditasi, yoga, dan relaksasi otot progresif meningkatkan relaksasi dan mengurangi ketegangan otot.

Sehingga mengurangi ketidaknyamanan sakit kepala. Aktivitas fisik yang teratur, tidur yang cukup, dan menetapkan batasan yang sehat juga dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan ketahanan secara keseluruhan terhadap pemicu sakit kepala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4995 seconds (0.1#10.140)