6 Alasan Makan Stroberi, Meningkatkan Kesehatan Jantung hingga Cegah Diabetes

Senin, 26 Februari 2024 - 16:05 WIB
loading...
6 Alasan Makan Stroberi, Meningkatkan Kesehatan Jantung hingga Cegah Diabetes
Apakah Anda menyukai stroberi yang beraroma? Jika ya, buah ini bisa mencegah diabetes. Foto/ freepik
A A A
JAKARTA - Apakah Anda menyukai stroberi yang beraroma? Jika ya, Anda berhak mendapatkan hadiah dari manfaat kesehatannya.

Stroberi adalah salah satu buah beri paling populer di dunia yang kaya antioksidan, folat dan vitamin C, dan inilah alasan mengapa Anda harus menambahkannya ke dalam makanan.


Manfaat stroberi

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Tahukah Anda bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian paling umum di seluruh dunia? Sesuai penelitian yang diterbitkan di Harvard Health Publishing, makan stroberi adalah cara yang baik untuk melindungi jantung.

Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa stroberi juga meningkatkan faktor-faktor yang meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk kolesterol HDL (baik), tekanan darah, dan jumlah trombosit darah.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Stroberi kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan Anda sakit. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Phytomedicine menemukan bahwa memasukkan stroberi ke dalam makanan Anda membantu mencegah stres oksidatif dan peradangan, yang keduanya membantu memperkuat kekebalan Anda dan mencegah penyakit.

3. Mengurangi risiko diabetes

Tubuh Anda memecah karbohidrat menjadi gula sederhana setelah dikonsumsi dan melepaskannya ke aliran darah, mengeluarkan insulin. Ini memberi sinyal pada sel Anda untuk menggunakan gula sebagai bahan bakar. Ketidakseimbangan kadar gula darah dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe-2, dan penyakit jantung.

4. Menjaga tekanan darah tetap terkendali

Kaya akan antioksidan seperti antosianin, stroberi dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah Anda. Antosianin dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients.

5. Mencegah sembelit

Apakah Anda mencari makanan yang membantu pencernaan? Cobalah stroberi! Makanan tinggi serat membantu melancarkan pencernaan dan pergerakan tinja, menghindari masalah seperti sembelit. Stroberi kaya akan serat, menjadikannya makanan yang baik untuk seseorang yang menderita sembelit.


6. Mengurangi risiko stroke

Stroke terjadi ketika aliran darah ke otak tersumbat, sehingga menyebabkan pendarahan. Sumber yang kaya magnesium, fosfor, vitamin C, dan antioksidan lainnya, mengonsumsi stroberi membantu mengurangi risiko kondisi seperti stroke.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)