Dihindari Rasulullah, Nikita Willy Malah Kunjungi Al Ula saat Umrah

Senin, 26 Februari 2024 - 14:53 WIB
loading...
A A A
Secara historis, Kota Al Ula terletak di rute Dupa dan merupakan ibu kota kuno Lihyanites (Dedanites). Kota ini juga dikenal sebagai kota yang mempunyai sisa-sisa arkeologi berusia lebih dari 2000 tahun.

Kota Al Ula juga menjadi gerbang situs bersejarah Madain Saleh yang merupakan peninggalan peradaban rakyat Nabi Saleh AS bernama kaum Tsamud Al Hijr. Dalam Ensiklopedia Islam kata Tsamud adalah nama dari suatu kaum dan Al Hijr adalah salah satu di antara beberapa kota yang dibangun oleh orang tersebut.

Nabi Muhammad SAW saat singgah di Al Ula ketika menempuh perjalanan ke Tabuk, tidak ingin meminum air dari kota tersebut dan ingin segera pergi dari tempat tersebut.

Bahkan, Nabi Muhammad SAW sering mempercepat langkahnya dan tidak ingin menoleh ke kanan atau ke kiri saat melintasi Kota Al Ula ini. Konon hal tersebut dilakukan karena azab yang pernah menimpa kota tersebut.

Sementara itu, dalam mitologi Arab, kota Al Ula dianggap sebagai daerah yang berhantu dan dihuni oleh bangsa jin dan roh jahat. Selain itu, stigma dari hal tersebut tidak terlepas karena kaitannya dengan kisah Kaum Tsamud.



Kisah kaum Tsamud adalah kisah dari kaum Nabi Saleh AS yang dianggap menentang serta enggan menyembah Allah SWT.

Saat itu kaum Tsamud juga merupakan kaum yang meminta Nabi Saleh AS untuk mendatangkan azab dan akhirnya dikabulkan oleh Allah SWT.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4611 seconds (0.1#10.140)