7 Jenis Tepung Kue dan Cara Mengolahnya

Selasa, 27 Februari 2024 - 15:25 WIB
loading...
7 Jenis Tepung Kue dan Cara Mengolahnya
Ada tujuh jenis tepung kue yang paling sering digunakan. Tepung-tepung tersebut menghasilkan rasa yang enak sepanjang takaran dan cara mengolahnya tepat. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Ada tujuh jenis tepung kue yang paling sering digunakan. Tepung-tepung tersebut terbukti menghasilkan rasa yang enak sepanjang takaran dan cara mengolahnya tepat.

Setiap jenis tepung itu memiliki karakteristik, bahan baku dan fungsinya masing-masing. Meski tepung terigu terbilang paling populer sebagai bahan dasar sejumlah penganan, masih ada beberapa jenis tepung lainnya yang bisa jadi alternatif. Di antaranya:

Jenis Tepung Kue





1. Tepung Tapioka


Jenis tepung ini sering digunakan dalam pembuatan kue tradisional. Tepung tapiokai terbuat dari sari pati umbi singkong. Tekstur kenyal khas singkong akan terasa sekali jika Anda mencampurkan tepung tapioka dalam adonan kue Anda.

2. Tepung Terigu


Semua orang pasti mengenal tepung terigu. Karena jenis tepung ini merupakan tepung yang dikenal dan sangat sering digunakan pada berbagai jenis makanan. Secara garis besar, tepung terigu bisa dikelompokkan menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang dan protein rendah.

Tepung terigu protein sedang paling cocok digunakan untuk bermacam-macam makanan. Sementara tepung terigu protein tinggi lebih pas untuk membuat roti dan mie. Tetapi jika Anda ingin membuat bakpao dan kue kering, tentu Anda mesti menggunakan tepung terigu protein rendah.

3. Tepung Beras


Tepung yang satu ini terbuat dari beras yang sudah dibersihkan dan digiling sampai halus. Tepung beras kerap menjadi bahan utama dalam pembuatan beragam kue tradisional. Penggunaan tepung beras akan menghasilkan tekstur kue yang renyah. Sehingga tidak mengherankan kalau jenis tepung ini juga kerap dicampurkan dengan tepung terigu agar menghasilkan tekstur kue yang pas.



4. Tepung Sagu


Bahan dasar tepung sagu adalah sari pati pohon sagu yang sudah diproses hingga kering. Anda akan mendapatkan tekstur kue yang kenyal bila menggunakan tepung ini sebagai bahan dasar. Biasanya tepung sagu cukup populer pada berbagai jenis kue tradisional. Sementara jenis kue modern atau roti jarang sekali menggunakan tepung yang satu ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)