Studi: Obesitas Berdampak Serius pada Aktivitas Otak dan Risiko Alzheimer

loading...
Studi: Obesitas Berdampak Serius pada Aktivitas Otak dan Risiko Alzheimer
Saat berat badan seseorang naik, semua wilayah otak turun dalam aktivitas dan aliran darah. / Foto: ilustrasi/Neurology Advisor
A+ A-
SAN ANTONIO - Menurut sebuah studi pencitraan otak baru, saat berat badan seseorang naik, semua wilayah otak turun dalam aktivitas dan aliran darah. Studi baru ini diterbitkan dalam Journal of Alzheimer's Disease.

(Baca juga: 9 Langkah Mudah untuk Bisa Cepat Hamil)

Salah satu studi terbesar yang menghubungkan obesitas dengan disfungsi otak, para ilmuwan menganalisis lebih dari 35.000 pemindaian neuroimaging fungsional menggunakan tomografi terkomputerisasi emisi foton tunggal (SPECT) dari lebih dari 17.000 orang untuk mengukur aliran darah dan aktivitas otak.

Aliran darah otak yang rendah adalah prediktor pencitraan otak #1 bahwa seseorang akan mengembangkan penyakit alzheimer. Ini juga terkait dengan depresi, ADHD, gangguan bipolar, skizofrenia, cedera otak traumatis, kecanduan, bunuh diri, dan kondisi lainnya.



"Studi ini menunjukkan bahwa kelebihan berat badan atau obesitas berdampak serius pada aktivitas otak dan meningkatkan risiko penyakit alzheimer serta banyak kondisi kejiwaan dan kognitif lainnya," jelas Daniel G. Amen, MD, penulis utama studi dan pendiri Amen Clinics, salah satu peneliti dari klinik kesehatan mental yang berpusat pada otak terkemuka di Amerika Serikat.

Pola mencolok dari aliran darah yang semakin berkurang ditemukan di hampir semua wilayah otak dalam kategori berat badan kurang, berat badan normal, kelebihan berat badan, obesitas, dan obesitas morbid. Ini dicatat saat peserta dalam keadaan istirahat serta saat melakukan tugas konsentrasi.

(Baca juga: Pakar Seks Sebut Foto Narsis Bugil Tingkatkan Kesehatan Seksual)



Secara khusus, area otak yang diketahui rentan terhadap penyakit alzheimer, lobus temporal dan parietal, hipokampus, gyrus cingulate posterior, dan precuneus, ditemukan telah mengurangi aliran darah di sepanjang spektrum klasifikasi berat dari berat badan normal menjadi kelebihan berat badan, obesitas, dan obesitas tidak wajar.
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top