Apakah Ngidam Ibu Hamil Harus Dituruti? Begini Penjelasan Dokter

Jum'at, 01 Maret 2024 - 04:43 WIB
loading...
Apakah Ngidam Ibu Hamil Harus Dituruti? Begini Penjelasan Dokter
Ibu hamil yang ngidam biasanya ingin mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Apakah harus dituruti? Foto/ verywellfamily.
A A A
JAKARTA - Ngidam merupakan fenomena normal yang dialami oleh ibu hamil . Biasanya bumil akan memasuki fase ngidam di awal masa kehamilan.

Ibu hamil yang ngidam biasanya tiba-tiba ingin mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Bahkan, tak jarang ingin membeli benda tertentu yang kerap tidak masuk akal.



Biasanya apa yang diinginkan ibu hamil ini inginnya selalu dituruti. Ditambah, ada mitos yang menyebut jika keinginan ibu hamil tidak dituruti bayinya akan mengeces dan sebagainya.

Lantas, apakah ibu hamil yang ngidam harus dituruti?

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, MKes menjelaskan ngidam itu bisa aja terjadi karena adanya perubahan hormonal yang berpengaruh juga ke psikis.

“Bumilnya jadi lebih sensitif, indera perasanya berubah, ada juga peningkatan produksi air liur.

Kondisi tersebut bisa berpengaruh ke ngidam yang aneh-aneh,” ujar dr Dara dalam cuitannya di X @dokterdara, Kamis (29/2/2024).

Dokter Dara menjelaskan kalau ngidam makanan dan minuman masih wajar. Tapi ada juga lho yang ngidam pengen foto sama artis, hingga pengen beli ini itu.

“Perlu dipahami oleh paksu kalau ngidam itu bentuk bumil cari perhatian. Karena kehamilan ini bikin bumil perasaannya bercampur antara senang, worry, belum lagi ada perubahan di badan dan perasaan,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)