Manfaat Tepung Maizena untuk Memasak

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 11:01 WIB
loading...
Manfaat Tepung Maizena untuk Memasak
Tepung jagung atau tepung maizena memiliki peran besar dalam sebuah masakan, bahkan memanggang peran penting dalam berbagai resep. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Tepung jagung atau tepung maizena memiliki peran besar dalam sebuah masakan, bahkan memanggang peran penting dalam berbagai resep. Baik saus gurih untuk hidangan utama atau campuran manis untuk isian pai. Tepung maizena dapat dianggap sebagai satu-satunya cara paling efektif untuk mengentalkan semuanya.

Tepung maizena dapat mengubah kaldu yang lebih encer menjadi saus tanpa mengubah rasanya, atau dapat menambahkan hasil akhir yang sangat mengkilap ke dalam hidangan penutup yang hampir sempurna.

Seperti diketahui, tepung maizena adalah pati yang berasal dari endosperm biji jagung. Tepung ini memiliki bentuk bubuk putih yang sangat halus yang biasa digunakan untuk mengentalkan hidangan berbahan dasar cairan. Karena hanya terbuat dari biji jagung, tepung maizena secara alami bebas gluten, yang tidak bisa dikatakan untuk banyak pengental lainnya.

Pengental bebas gandum ini dapat ditambahkan ke piring tanpa menimbulkan rasa apa pun. Meskipun demikian, jika terlalu banyak yang ditambahkan atau jika tidak dimasukkan dengan tepat dapat meninggalkan rasa mentah yang tidak enak dan dapat membuat tekstur yang menggumpal dan berpasir.

Saat menambahkan tepung maizena atau pengental berbahan dasar pati ke dalam saus atau sup, penting untuk membuat larutan dari campuran tepung maizena dan air untuk menghindari penggumpalan. (Baca juga: BTS Bawa Pulang 3 Piala Soribada Best K-Music Awards 2020 ).

Dilansir Good House Keeping, setelah Anda menambahkan tepung maizena atau penggantinya ke dalam campuran, pastikan panaskan. Gelatinisasi pati yang dibutuhkan ini akan mengaktifkan kemampuan pengentalan, membantu mengencangkan apa pun yang Anda masak atau panggang.

Perlu diingat bahwa setelah saus mencapai suhu mendidih, saus tidak boleh mendidih terlalu lama karena dapat menyebabkan molekul pati pecah.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2469 seconds (0.1#10.140)