Tradisi Unik Ngagubyag Balong di Tasikmalaya Jelang Ramadan, Semua Warga Menangkap Ikan

Jum'at, 01 Maret 2024 - 20:33 WIB
loading...
Tradisi Unik Ngagubyag Balong di Tasikmalaya Jelang Ramadan, Semua Warga Menangkap Ikan
Jelang Ramadan, warga di Tasikmalaya melakukan tradisi menangkap ikan. Foto/ YouTube
A A A
JAKARTA – Ramadan tinggal menghitung hari. Umat Islam akan menjalani ibadah puasa sebulan penuh. Menariknya, di Indonesia memiliki tradisi unik menyambut Ramadan. Hampir setiap masyarakat di daerah menyambut antusias.

Bahkan, ada tradisi unik di beberapa daerah untuk menyambut Ramadan . Tradisi atau kebiasaan ini sudah dilaksanakan secara turun temurun hingga menciptakan suasana hangat jelang datangnya bulan suci.



Salah satu tradisi unik yang dilakukan jelang Ramadan adalah Desa Sindangasih, Cikatomas, Tasikmalaya. Tradisi unik yang dilakukan adalah menangkap ikan sebelum bulan puasa. Tradisi ini juga disebut sebagai ngagubyag balong.

Jelang puasa, seluruh warga di desa berbondong-bondong ke satu kolam ikan besar. Mereka ramai-ramai menangkap ikan. Ini menjadi salah satu momen akrab warga desa.

Tradisi ini sudah ada turun temurun dan tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi semua lapisan masyarakat, termasuk juga anak-anak.

Warga menaruh banyak ikan di kolam besar, kemudian semua warga di desa tersebut masuk ke kolam sambil menangkap ikan. Ada yang dengan tangan kosong, ada juga pakai serokan. Ini memberi keseruan tersendiri

Ngagubyag balong ini dimaknai sebagai tradisi sekaligus rekreasi warga Desa Sindangasih Cikatomas Tasikmalaya. Dikutip dari YouTube Sisi Tasik, nampak keseruan saat para warga itu menangkap ikan.



Anak-anak juga nampak bahagia saat menangkap ikan. Ikan yang ada di dalam kolam tidak hanya ikan lele, tapi juga ikan mas hingga ikan patin.

Tradisi ini tentunya selalu ditunggu-tunggu warga desa setiap tahunnya jelang Ramadan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2417 seconds (0.1#10.140)