Waspada Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut Bisa Bikin Bau Mulut

Sabtu, 02 Maret 2024 - 13:00 WIB
loading...
Waspada Bahaya Terlalu Sering Menahan Kentut Bisa Bikin Bau Mulut
Bahaya terlalu sering menahan kentut perlu diwaspadai lantaran menyebabkan bau mulut. Efek samping bagi kesehatan jika membiarkan gas tetap masuk. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Bahaya terlalu sering menahan kentut perlu diwaspadai lantaran bisa menyebabkan bau mulut . Dr Karan Raj memperingatkan efek samping bagi kesehatan jika membiarkan gas tetap masuk.

Dilansir dari Express, Sabtu (2/3/2024) menahan kentut bisa membuat gelembung gas tetap berada di usus. Namun, Dr Raj menjelaskan bahwa konsekuensinya bisa lebih rumit.

Pertama, tidak mengeluarkan gas bisa menyebabkan bau mulut. “Jika Anda tidak membuang sebagian gas tersebut, gas tersebut dapat diserap melalui lapisan usus dan masuk ke aliran darah," kata Dr Raj.

“Dari sana, ia masuk ke paru-paru, tempat kita menghembuskannya. Ya, Anda benar-benar mengeluarkan kentut yang dapat menyebabkan bau mulut," sambungnya.



Di mana yang mengkhawatirkan, bau mulut bukan satu-satunya akibat menahan kentut. Dr Raj menjelaskan bahwa hal ini bisa menjadi lebih buruk.

“Sfingter Anda (otot melingkar yang biasanya mempertahankan konstriksi) telah melakukan pekerjaan yang gagah berani dengan menjaga pintu tetap tertutup, namun dengan tidak melepaskan gas, Anda menutup pintu," jelasnya.

"Saat Anda menutup pintu, volume gas bertambah, tekanan pun naik. Pada akhirnya, tekanan gas yang menumpuk akan melampaui resistensi sfingter Anda dan gas tersebut pada akhirnya akan keluar sebagai kentut yang tidak terkendali," lanjutnya.

Oleh karena itu, jika ingin menghindari kentut yang memalukan, Dr Raj menyarankan untuk mencari tempat di mana Anda bisa melepaskan gas tersebut. Masalah lain yang bisa terjadi jika Anda terus-menerus menahan kentut adalah peningkatan tekanan di rektum dan usus besar.



"Peningkatan tekanan di rektum dan usus besar dapat menyebabkan kantong kecil atau balon, yang dikenal sebagai divertikula, terbentuk di lapisan usus, menyebabkan peradangan dan nyeri kronis," ujarnya.

Meskipun terdengar menakutkan, solusinya sangat sederhana. “Cari tempat untuk melepaskan kentut Anda, jika tidak, itu akan menjadi bumerang,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1104 seconds (0.1#10.140)