3 Jenis Olahraga yang Bantu Perempuan Berumur Panjang

Senin, 04 Maret 2024 - 06:30 WIB
loading...
3 Jenis Olahraga yang Bantu Perempuan Berumur Panjang
Olahraga teratur menawarkan segudang manfaat. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Umur manusia di muka bumi ini memang telah ditetapkan oleh Tuhan. Namun, setiap manusia tentu memiliki keinginan agar berumur panjang.

Di samping takdir, manusia dapat berumur panjang dengan menjaga kesehatannya. Olahraga teratur menawarkan segudang manfaat, termasuk peningkatan kesehatan kardiovaskular, peningkatan suasana hati, peningkatan kepadatan tulang, serta pengurangan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan kanker tertentu.

Namun, banyak wanita mungkin merasa kewalahan dengan prospek memulai rutinitas olahraga. Mengutip laman Times of India, Senin (4/3/2024), berikut adalah beberapa saran olahraga praktis yang bisa membantu memperpanjang usia kaum perempuan.


1. Berjalan

Berjalan adalah salah satu bentuk latihan yang paling sederhana dan paling mudah diakses, namun menawarkan banyak manfaat kesehatan. Memasukkan jalan cepat ke dalam rutinitas harian Anda dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat tulang, serta meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan mental.

Anda dapat dengan mudah memasukkan berjalan kaki ke dalam aktivitas harian dengan berjalan-jalan singkat selama istirahat di tempat kerja, berjalan ke tujuan terdekat alih-alih mengemudi, atau menikmati jalan-jalan santai di alam bersama teman atau keluarga.

2. Yoga

Yoga menawarkan banyak manfaat untuk kesejahteraan fisik, mental, dan emosional wanita. Olahraga ini meningkatkan fleksibilitas, memperkuat otot, serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Latihan yoga secara teratur dapat mengurangi ketidaknyamanan menstruasi, mengatur kadar hormon, dan mendukung kesehatan reproduksi.



Selain itu yoga juga mengurangi stres, kecemasan, dan depresi dengan mempromosikan relaksasi serta perhatian penuh. Hal ini meningkatkan harga diri dan kesadaran tubuh, menumbuhkan citra tubuh yang positif dan rasa pemberdayaan.

Yoga juga meningkatkan kualitas tidur dan meningkatkan tingkat energi, membantu wanita untuk merasa lebih diremajakan dan direvitalisasi. Secara keseluruhan, yoga berfungsi sebagai pendekatan holistik untuk kesehatan wanita, mempromosikan kesehatan dan vitalitas secara keseluruhan.

3 Aktivitas Kardiovaskular

Selain berjalan, menggabungkan berbagai aktivitas kardiovaskular ke dalam rutinitas Anda dapat lebih mendukung kesehatan jantung dan kebugaran secara keseluruhan. Aktivitas seperti bersepeda, berenang, menari, dan aerobik dapat meningkatkan detak jantung Anda, meningkatkan sirkulasi, serta meningkatkan kapasitas paru-paru.

Pilih aktivitas yang Anda nikmati dan yang sesuai dengan preferensi serta gaya hidup Anda. Bertujuan untuk setidaknya 150 menit latihan kardiovaskular intensitas sedang per minggu, atau 75 menit latihan intensitas kuat, tersebar selama beberapa hari.

Campur dan cocokkan aktivitas yang berbeda untuk menjaga latihan Anda tetap menarik dan menantang sambil menuai manfaat kardiovaskular.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3964 seconds (0.1#10.140)