Waktu Terburuk Makan Siang ketika Anda Mencoba Turunkan Berat Badan

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 15:03 WIB
loading...
Waktu Terburuk Makan Siang ketika Anda Mencoba Turunkan Berat Badan
Melihat jadwal harian yang sibuk, kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan makan siang di sore hari. Yang terburuk, Anda tidak menyadari akan kesehatannya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Melihat jadwal harian yang sibuk, kebanyakan dari kita memiliki kebiasaan makan siang di sore hari. Yang terburuk, Anda tidak menyadari betapa berbahayanya praktik ini bagi kesehatan saat Anda berusaha menjalani penurunan berat badan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makan siang setelah jam 3 sore bisa berdampak besar pada kecepatan proses penurunan berat badan . Studi tersebut secara khusus mengamati kerja protein perilipin, yang ditemukan dalam sel manusia dan penting untuk membakar lemak di seluruh tubuh.

Pada akhir penelitian, ditemukan bahwa orang dengan variasi genetik tertentu dari protein ini mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit ketika mereka makan setelah jam 3 sore.

Studi lain yang dipublikasikan pada 2013 di International Journal of Obesity juga menyatakan bahwa makan siang setelah jam 3 sore dapat memperlambat proses penurunan berat badan. Namun, kedua penelitian tersebut difokuskan pada orang-orang dengan susunan genetik tertentu.

Waktu makan dan ritme sirkadian
Aktivitas internal tubuh kita diatur oleh ritme sirkadian seperti tidur dan makan. Itu juga mempengaruhi proses penurunan berat badan. Irama sirkadian mengontrol sekresi insulin dalam tubuh. Makan terlalu cepat, ketika tubuh Anda kurang sensitif terhadap insulin dapat mempersulit Anda untuk memobilisasi lemak dan mengurangi berat badan. (Baca juga: Suka Pusing Saat Berdiri? Waspadai Risiko Terkena Demensia ).

Namun, para peneliti tidak menemukan hubungan antara penurunan berat badan dan waktu sarapan dan makan malam. Bisa jadi karena penelitian itu dilakukan di Spanyol, di mana orang mengonsumsi makanan kaya kalori saat makan siang. Jadi, jika Anda mencoba menurunkan berat badan, makanlah sebelum jam 3 sore.

Bagi banyak pengamat berat badan, makan siang adalah makanan terberat hari itu. Itu artinya Anda mengonsumsi sebagian besar kalori saat ini. Jadi, penting untuk merencanakan makan siang Anda dengan benar untuk menurunkan berat badan secara efektif. Anda harus mengonsumsi 50 persen dari asupan kalori harian Anda saat makan siang, 15 persen saat sarapan, 15 persen sebagai camilan dan 20 persen saat makan malam.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)