9 Dampak Tubuh Kurang Minum Air Putih, Nomor 5 Merusak Ginjal

Rabu, 06 Maret 2024 - 23:55 WIB
loading...
9 Dampak Tubuh Kurang Minum Air Putih, Nomor 5 Merusak Ginjal
Dampak tubuh kurang minum air putih harus diwaspadai. Sebab, tidak hanya membuat Anda merasa haus, tapi dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan serius. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Dampak tubuh kurang minum air putih harus diwaspadai. Sebab, tidak hanya membuat Anda merasa haus sepanjang hari, tapi juga dapat memicu berbagai macam masalah kesehatan serius.

Fungsi tubuh terhambat karena berkurangnya air sehingga tubuh bereaksi. Ketika Anda tidak minum cukup air putih , tubuh akan mengalami serangkaian reaksi dan perubahan fisiologis.

Mulai dari yang ringan hingga yang parah, karena tubuh kesulitan mempertahankan fungsi vital dan keseimbangan cairan. Penting untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan air dalam tubuh dan segera mengatasinya.

9 Dampak Tubuh Kurang Minum Air Putih



Berikut adalah deretan dampak tubuh kurang minum air putih dilansir dari Times of India, Rabu (6/3/2024).



1. Dehidrasi


Konsekuensi paling langsung dan nyata dari kurang minum air putih adalah dehidrasi, yang terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diterimanya. Ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan gangguan fungsi tubuh.

Dehidrasi ringan dapat menimbulkan gejala seperti rasa haus, mulut kering, dan urine berwarna gelap. Sedangkan dehidrasi berat dapat menyebabkan pusing, kebingungan, detak jantung cepat, dan pingsan.

2. Fokus Menurun dan Kebingungan


Bahkan dehidrasi ringan pun dapat mengganggu fungsi kognitif dan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan penurunan konsentrasi, masalah memori jangka pendek, dan peningkatan perasaan cemas dan lelah.

Hal ini terjadi karena dehidrasi mengurangi aliran darah ke otak sehingga memengaruhi kemampuannya untuk bekerja secara optimal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)