Hanya Sebesar Kepalan Tangan, Ini Peran Ginjal bagi Kesehatan

Jum'at, 08 Maret 2024 - 06:00 WIB
loading...
Hanya Sebesar Kepalan Tangan, Ini Peran Ginjal bagi Kesehatan
Prodia menyediakan fitur layanan Home Service melalui aplikasi U by Prodia dan Kontak Prodia melalui layanan WhatsApp 0855 1500 830 atau call center 1500 830. (Ilustrasi : doc Prodia)
A A A
JAKARTA - Pernahkan kamu merasa sering ingin buang air kecil saat suhu udara dingin? Atau lebih banyak berkeringat saat beraktivitas di luar ruangan?

Hal ini merupakan respons tubuh untuk melindungi organ ketika terjadi perubahan. Salah satunya ginjal yang sedang menjalankan fungsinya untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Meski hanya kira-kira sebesar kepalan tangan, namun ginjal memiliki tugas untuk menyaring limbah dan kelebihan cairan yang terdapat di darah untuk dikeluarkan melalui urin. Dapat dibayangkan apabila fungsi ginjal terganggu, maka berbagai risiko dan komplikasi akan rentan terjadi.

Selain itu, seiring bertambahnya usia dan penurunan kualitas kesehatan, fungsi ginjal juga dapat melemah. Oleh karenanya, diperlukan kesadaran untuk menjaga kesehatan ginjal sedini mungkin demi menghindari berbagai risiko yang disebabkan gangguan fungsi ginjal.

Sayangnya, kebanyakan orang sering kali tidak menyadari perubahan kinerja yang terjadi pada ginjal mereka. Gangguan pada ginjal memang tidak menunjukkan gejala yang langsung terlihat. Namun, tidak menutup kemungkinan pada beberapa kasus kerusakan ginjal memburuk dengan cepat dan menyebabkan penurunan kesehatan yang signifikan.

Cepat atau lambat kerusakannya, tetap saja gangguan pada ginjal dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang serius dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi, gangguan ginjal ini bukan hanya berisiko terjadi pada orang dewasa saja, tetapi juga pada anak-anak dan remaja. Ditambah lagi, sebagian banyak anak muda secara tidak sadar menerapkan sedentary lifestyle atau gaya hidup ketika seseorang cenderung malas melakukan aktivitas fisik yang dapat memperparah risiko kesehatan.

Itulah sebabnya, pemeliharaan kesehatan ginjal sedini mungkin sangat penting dilakukan. Pemilihan makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat diterapkan. Cukupi juga asupan air putih agar terhindar dari dehidrasi dan baik untuk kesehatan ginjal. Mulailah rutin berolahraga untuk melancarkan sirkulasi darah dan membantu ginjal menyaring darah dengan optimal.

Langkah pencegahan diatas tentunya merupakan cara untuk menekan risiko gangguan fungsi ginjal, lengkapi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan yang juga berguna pencegahan dan membantu menentukan langkah pengobatan yang tepat apabila gejala sudah terlanjur terjadi. Pemeriksaan kesehatan tersebut dapat dilakukan di Prodia yang saat ini menyediakan harga spesial pemeriksaan ProHealthy Kidney 1, 2, 3 dan Cysyatin C selama Maret 2024.

Jika pelanggan ingin melakukan pengambilan sampel di rumah, Prodia menyediakan fitur layanan Home Service melalui aplikasi U by Prodia dan Kontak Prodia melalui layanan WhatsApp 0855 1500 830 atau call center 1500 830. Selain itu, jika pelanggan masih ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, pelanggan dapat berkonsultasi melalui fitur Chat dengan Dokter gratis melalui aplikasi U by Prodia.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi www.prodia.co.id atau sosial media @prodia_lab. Jaga kesehatan ginjal sejak dini, minimalisir risiko kemudian hari.
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)