Manfaat Transformasi Teknologi Kesehatan di Rumah Sakit

Jum'at, 07 September 2018 - 15:30 WIB
Manfaat Transformasi Teknologi Kesehatan di Rumah Sakit
Manfaat Transformasi Teknologi Kesehatan di Rumah Sakit
A A A
JAKARTA - Studi independen yang dilakukan GE Healthcare dan RS Premier Bintaro mengenai penerapan teknologi digital di Departemen Radiologi RS Premier Bintaro mengungkapkan bahwa rumah sakit dapat melakukan penghematan biaya sebesar 31% per pemeriksaan pasien.

Selain itu ada manfaat lainnya seperti semakin berkurangnya penggunaan film rontgen, mempersingkat waktu tunggu pasien hingga 38% berkat efisiensi alur kerja, dan meningkatkan ketepatan diagnostik sebesar 10% dari kualitas gambar dan pengukuran radiologis yang lebih baik.

VP Business DeveIopment and IT Ramsay Sime Darby Health Care Indonesia, Wildan Djohany mengatakan untuk mengatasi meningkatnya jumlah pasien serta kompleksitas penyakit, pihaknya memutuskan untuk menerapkan solusi CentricityTM dari GE Healthcare pada tahun 2016.

"Sejak pertama kali diterapkan, kami melihat CentricityTM sebagai alat medis yang hemat biaya untuk menyimpan data diagnosis dan memiliki interface yang terhubung dengan sistem rekam medis elektronik rumah sakit," ujar Wildan.

Menurutnya, hal tersebut sangat memudahkan para tenaga kesehatan dalam pengambilan gambar dan meningkatkan komunikasi antara dokter dan ahli radiologi melalui platform terintegrasi.

GE CentricityTM Universal Viewer 100 Edition merupakan sebuah pengarsipan data pasien dan platform komunikasi berbasis web yang terintegrasi dan dilengkapi dengan alat produktivitas cerdas, visualisasi canggih, dan mudah diakses serta cocok diterapkan di departemen radiologi berskala kecil hingga menengah.

Sekretaris Jenderal Persatuan Dokter Spesialis Radiology Pusat (PDSRI), dr. Vonny N. Tubagus, Sp Rad (K) menuturkan Seiring dengan bertambahnya penyakit kronis dan populasi lansia di era yang modern ini, radiologi memiliki peran yang penting dalam memastikan pasien mendapatkan perawatan medis yang tepat.

"Oleh karenanya menjadi sangat penting bagi ahli radiologi dan dokter untuk mendapatkan gambar dan Iaporan radiologi yang akurat dan komprehensif, sebagai upaya untuk memastikan penanganan pasien yang lebih akurat dan cepat," papar dr Vonny.

Menurutnya dengan menerapkan teknologi digital, akan membantu para ahli radiologi dan dokter dalam memberikan diagnosis dan membuat keputusan yang lebih akurat dan efisien.

Country Director, GE Healthcare Indonesia, Putty Kartika menambahkan pihaknya bangga dapat menyampaikan keberhasilan RS Premier Bintaro dalam menerapkan teknologi baru dan akan terus mendukung pihak rumah sakit untuk menjadi salah satu penggagas pertama transformasi rumah sakit digital di ASEAN.

"Saya berharap ke depannya akan lebih banyak sistem perawatan kesehatan yang memanfaatkan teknologi digital yang dapat meningkatkan kesehatan di Indonesia," kata Putty.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4384 seconds (0.1#10.140)