5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi saat Berbuka Puasa

Sabtu, 09 Maret 2024 - 06:46 WIB
loading...
5 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi saat Berbuka Puasa
Terdapat sedikitnya lima makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi saat berbuka puasa. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi saat berbuka puasa. Salah satunya makanan favorit sejuta umat, yaitu gorengan.

Tak lama lagi, umat Islam akan memasuki bulan Ramadan. Pada momen ini, umat Muslim bakal menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh.

Bagi pengidap masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, mereka bisa melaksanakan kewajiban puasa sebagaimana orang lain. Namun, mereka tetap wajib memperhatikan pemilihan makanan ketika buka puasa untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Lantas, apa saja makanan yang perlu dihindari penderita kolesterol tinggi ketika berbuka puasa? Berikut ini beberapa contohnya, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2024).

Makanan yang Perlu Dihindari Pengidap Kolesterol Tinggi ketika Buka Puasa

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena berharga murah, namun juga rasanya yang enak dan bikin ketagihan.

Meski ramah di kantong, gorengan tidak terlalu bagus bagi tubuh jika sering dikonsumsi, terlebih bagi pengidap kolesterol tinggi. Alasannya karena gorengan mengandung kalori dan lemak trans yang tinggi.

Sebagai informasi, jenis makanan yang digoreng dengan minyak pasti akan membuat kadar kolesterolnya naik. Lebih parah apabila proses pembuatannya memakai minyak jelantah yang sudah dipakai berulang kali.

2. Es Krim

Ketika melepas dahaga dengan berbuka puasa, sebagian orang akan mencari makanan atau minuman yang menyegarkan. Salah satu contoh yang biasa diincar adalah es krim.

Tidak hanya anak kecil, orang dewasa pun cukup menyukai es krim. Namun, perlu diingat bahwa jenis kudapan satu ini juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Mengutip laman Healthline, es krim adalah produk susu penuh lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Menurut USDA, rata-rata porsi es krim vanila (1/2 cup) setidaknya punya 4,5 gram lemak jenuh. Besaran tersebut sudah melebihi dari asupan maksimal lemak jenuh yang disarankan bagi orang dewasa.

3. Makanan Cepat Saji

Berikutnya adalah makanan cepat saji. Tak jarang, orang memilih jenis makanan tersebut ketika buka puasa karena dirasa praktis.

Pengidap kolesterol tinggi dianjurkan untuk menghindari jenis makanan cepat saji. Mengutip laman Kemenkes RI, biasanya terdapat kandungan minyak jenuh yang membuat makanan cepat saji tinggi kolesterol.

Lemak jenuh tersebut muncul dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji. Beberapa jenis makanan ini yang populer adalah burger, ayam goreng tepung, kentang goreng, dan lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)