Suka Sakit Perut setelah Makan? 5 Bahan Ini Bisa Mengatasinya

Sabtu, 09 Maret 2024 - 15:03 WIB
loading...
Suka Sakit Perut setelah Makan? 5 Bahan Ini Bisa Mengatasinya
Ketidaknyamanan pascamakan adalah hal yang lumrah. Tapi, bagaimana mengatasinya? Foto/ adobe stock
A A A
JAKARTA - Menghadapi ketidaknyamanan pascamakan adalah hal yang lumrah. Namun, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan untuk mengurangi risiko sakit perut setelah makan.

Ya, terkadang kita mencoba menikmati makanan sehari-hari dengan memilih makanan yang sehat untuk usus dan tubuh secara keseluruhan. Namun terkadang, kita terlalu suka melahap makanan favorit hingga akhirnya berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Hal ini terkadang dapat menyebabkan sakit perut setelah makan.



Perasaan berat atau kembung mungkin membutuhkan waktu lama untuk hilang. Sama pentingnya dengan meminum minuman detoks sebelum makan dan tahukah Anda bahwa Anda bisa mengonsumsi bahan atau makanan tertentu untuk mengurangi sakit perut setelah makan?

Mengatasi sakit perut setelah makan

1. Jahe
Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, jahe telah digunakan selama beberapa abad untuk membantu pencernaan. Mengonsumsi jahe baik sebagai teh atau diparut dalam makanan membantu merangsang produksi air liur dan menenangkan saluran pencernaan, mengurangi kembung dan mual, kata sang ahli.

2. Yogurt
Yoghurt adalah sumber alami bakteri bermanfaat yang meningkatkan kesehatan usus. Pilihlah yoghurt tawar tanpa pemanis yang mengandung kultur hidup untuk memaksimalkan manfaat pencernaannya.

Probiotik dalam yoghurt dapat membantu mengembalikan keseimbangan bakteri sehat di usus, sehingga membantu pencernaan lebih lancar. Bakteri baik di usus selalu menghasilkan pencernaan yang sehat. Yoghurt memiliki sifat dingin sehingga paling baik dikonsumsi saat makan siang.

3. Pepaya
Buah tropis ini memiliki enzim yang disebut papain, yang membantu memecah protein dan memperlancar pencernaan. Makan pepaya setelah makan dapat membantu mencegah kembung dan gangguan pencernaan.

Selain itu, pepaya juga kaya akan serat, yang membantu melancarkan buang air besar secara teratur dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan, kata sang ahli.

4. Peppermint
Peppermint telah lama dikonsumsi sebagai obat alami untuk gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan pencernaan. Minum teh peppermint atau mengonsumsi daun peppermint segar dapat membantu mengendurkan otot-otot saluran pencernaan, mengurangi gas dan kembung.

Kapsul minyak peppermint juga tersedia dan dapat dikonsumsi sebagai suplemen. Selain itu, beberapa orang menggunakan minyak peppermint di pusar untuk meredakan ketidaknyamanan pada usus.



5. Biji-bijian utuh
Memasukkan biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan oat ke dalam makanan Anda merupakan sumber serat yang baik, yang membantu pencernaan. Serat menambah jumlah besar pada tinja, membuatnya mudah melewati saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, biji-bijian juga mengandung nutrisi yang mendukung kesehatan pencernaan secara keseluruhan.
Mengonsumsi makanan-makanan ini dalam rutinitas Anda akan mencegah masalah pencernaan setelah makan. Namun, penting untuk mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan pengaruh makanan yang berbeda terhadap Anda secara individu.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan kronis atau rasa tidak nyaman yang parah setelah makan, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter yang berkualifikasi untuk menyingkirkan kemungkinan adanya kondisi yang mendasarinya. Dengan melakukan sedikit penyesuaian pola makan dan mengonsumsi makanan yang ramah pencernaan ini, Anda dapat mendukung sistem pencernaan Anda dan menikmati kenyamanan yang lebih baik setelah makan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)