Tren Warna Ramadan 2024 Usung 4 Tema yang Identik dengan Suasana Bulan Suci

Minggu, 10 Maret 2024 - 09:48 WIB
loading...
Tren Warna Ramadan 2024 Usung 4 Tema yang Identik dengan Suasana Bulan Suci
Tren Warna Ramadan 2024 Usung 4 Tema yang Identik dengan Suasana Bulan Suci
A A A
JAKARTA - Ramadan menjadi momen yang sangat dinantikan umat muslim di seluruh dunia yang mengubah suasana kehidupan dengan maknanya yang mendalam. Perubahan suasana di bulan yang istimewa ini tak hanya dalam aktivitas religi, namun juga dapat tercipta melalui sentuhan warna baru di rumah.

Keindahan Ramadan dalam sentuhan warna baru yang membawa nuansa penuh makna ini terwujud dalam Tren Warna Ramadan 2024 persembahan Nippon Paint dengan mengusung empat tema utama yaitu Find Calm, Find Balance, Find Freedom, dan Find Renewal.

General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia Mark Liew mengatakan, pihaknya selalu berkomitmen untuk menghadirkan sentuhan warna kehidupan dalam tiap momen Ramadan.

"Tahun ini, Nippon Paint menghadirkan atmosfer alam dalam momen Ramadan yang bisa menjadi pilihan menakjubkan untuk menciptakan ruang yang tenang, damai, dan mendukung refleksi spiritual," kata Mark Liew saat peluncuran Tren Warna Ramadan 2024 di Jakarta belum lama ini.

Keempat tema warna yang diluncurkan Nippon Paint terinspirasi dari keindahan alam yang seirama dengan indahnya bulan suci Ramadan yang identik dengan 'Teduhnya Ibadah' (Find Calm), ‘Sukacita di Hari Kemenangan’ (Find Freedom), ‘Harmoni Kebersamaan’ (Find Balance), dan ‘Kembali Murni’ (Find Renewal).

“Pada Find Calm, kami menawarkan pilihan warna netral untuk hasil yang memberikan rasa tenang pada ruangan. Kemudian pada Find Freedom kami memberikan referensi warna-warna cerah dan ceria yang memancarkan warna kekinian dan segar. Lalu Find Balance sangat cocok bagi yang mengutamakan elegan dalam ruangan lewat pilihan warna yang seimbang, serta Find Renewal yang menyuguhkan warna-warna hijau kebiruan dari alam bahari yang memberikan nuansa pembaharuan," beber Mark Liew.

Pada kesempatan yang sama, Principal Designer of Grace Hartanti Design Lab Grace Hartanti mengatakan kalau warna-warna alam banyak disukai karena dapat memberikan kesan ketenangan, menghadirkan keseimbangan, mewakili kehidupan dan kesederhanaan tetapi tetap elegan. Sehingga warna-warna ini dapat memberikan rasa rileks serta kesan terbuka untuk menerima pesan-pesan spiritual dan refleksi yang disampaikan terutama selama Ramadan.

"Warna-warna alam sering kali dikaitkan dengan kehidupan yang berkelanjutan dan siklus alam yang terus berlanjut. Dalam konteks persiapan Ramadan, ini bisa menjadi pengingat tentang pentingnya siklus ibadah dan pertumbuhan spiritual,” ujar Grace.

Grace lalu memaparkan bahwa penggunaan warna-warna alam dalam desain interior atau eksterior bangunan dapat membawa dampak psikologis yang signifikan terhadap penghuninya. Di antaranya meningkatkan kesejahteraan emosional, mengurangi stres, dan meningkatkan konsentrasi serta produktivitas, mengurangi rasa kelelahan, plus meningkatkan koneksi dengan alam sehingga bisa membantu penghuninya merasa lebih terhubung dengan alam dan lingkungan sekitar.

“Dengan memahami dampak psikologis dari penggunaan warna-warna alam dalam desain bangunan, arsitek dan desainer dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan serta kenyamanan penghuni. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan
produktivitas di dalam bangunan tersebut,” papar Grace.

Menanggapi empat tema warna yang diluncurkan oleh Nippon Paint, Aghnia Fuad selaku praktisi Interior Designer/Principal Designer Suasana Studio menilai bahwa keempat tema warna tersebut dapat saling melengkapi.

“Range warna yang luas dapat memberikan banyak pilihan bagi teman-teman yang mau merenovasi rumah dengan suasana yang berbeda. Pilihan warnanya juga versatile sehingga dapat diaplikasikan di berbagai ruang dengan fungsi yang berbeda," katanya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)