10 Tips Nyaman Puasa bagi Penderita Asam Lambung, Jangan Tunda Minum Obat

Senin, 11 Maret 2024 - 08:30 WIB
loading...
10 Tips Nyaman Puasa bagi Penderita Asam Lambung, Jangan Tunda Minum Obat
Ada beberapa tips nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung selama bulan Ramadan. Ini karena puasa menjadi tantangan bagi yang mengalami masalah lambung. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa tips nyaman berpuasa bagi penderita asam lambung selama bulan Ramadan. Ini karena puasa menjadi tantangan besar bagi mereka yang mengalami masalah lambung.

Namun, dengan beberapa penyesuaian dan perhatian khusus, puasa masih bisa dilakukan dengan nyaman selama bulan Ramadan. Dengan mengikuti tips ini penderita asam lambung akan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Di sisi lain, penderita asam lambung juga pentin mendengarkanlah tubuh Anda sendiri dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami gejala yang mengganggu selama puasa.

Tips Nyaman Puasa bagi Penderita Asam Lambung



Berikut tips nyaman puasa bagi penderita asam lambung dilansir dari Health Line, Senin (11/3/2024).



1. Konsultasikan dengan Dokter


Sebelum memutuskan untuk berpuasa, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

2. Pilih Makanan yang Tepat


Saat berbuka dan sahur, pilih makanan yang mudah dicerna dan tidak merangsang produksi asam lambung. Hindari makanan pedas, berlemak tinggi, asam, dan bersoda. Sebaliknya, pilih makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, protein rendah lemak, dan vitamin.

3. Jaga Waktu Makan


Usahakan untuk tidak makan terlalu banyak dalam satu waktu. Bagi makanan menjadi beberapa porsi kecil dan konsumsi secara teratur selama waktu berbuka dan sahur.

4. Hindari Minuman Berkafein


Hindari minuman berkafein seperti kopi dan teh karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebaiknya pilih air putih atau jus buah segar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)