Kiat Buka Puasa Sehat Sekaligus Mengenyangkan Menurut Dokter Zaidul Akbar

Senin, 11 Maret 2024 - 06:46 WIB
loading...
Kiat Buka Puasa Sehat Sekaligus Mengenyangkan Menurut Dokter Zaidul Akbar
Alih-alih bikin perut kenyang, mengonsumsi menu berbuka yang salah justru bisa memicu berbagai masalah kesehatan hingga mengganggu kehusyukan ibadah puasa. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Umat muslim akan menjalankan ibadah puasa. Menurut Kemenag RI, awal puasa Ramadan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024.

Biasanya di momen buka puasa, banyak umat muslim yang justru cenderung sembarangan dalam memilih menu berbuka. Selain memilih menu yang sekadar mengenyangkan, masyarakat juga kerap mengonsumsi gorengan ketika berbuka.

Padahal, alih-alih bikin perut kenyang, mengonsumsi menu berbuka yang salah justru bisa memicu berbagai masalah kesehatan hingga mengganggu kehusyukan ibadah puasa.



Nah, berikut tips atau kiat memilih menu berbuka dari Dokter Zaidul Akbar yang bisa menjadi rekomendasi sajian buka puasa yang tidak sekadar mengenyangkan, namun juga sehat, dilansir dari akun YouTubenya, Senin (11/3/2024).

Menurut Dokter Zaidul, idealnya, umat muslim tidak disarankan mengonsumsi gorengan ketika berbuka puasa. Ia merekomendasikan agar berbuka dengan kurma. Pasalnya, kurma memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang baik untuk tubuh pascaseharian berpuasa.

Selain itu, Dokter Zaidul juga memberikan salah satu tips menarik agar Anda bisa tetap kenyang meskipun hanya mengonsumsi kurma. Salah satunya dengan menyantapnya bersama olesan mentega atau butter.

“Saya sih berkhusnuzonnya Anda berbuka dengan kurma, bukan dengan gorengan. Maksud saya begini, Rasulullah SAW menyebutkan dalam sebuah hadis riwayat, pernah memakan kurma itu pakai mentega,” ujar Dokter Zaidul di kanal YouTubenya.

“Tapi mentega zaman dulu itu dari lemak hewan, dan sekarang disebut dengan butter. Jadi kurma itu kandungannya sangat tinggi gula. Ketika dikombinasikan dengan butter, dengan lemak hewan yang sehat, tapi cari butter-nya yang grass fat ya. Itu banyak yang jual,” paparnya.



Selain itu, Dokter Zaidul juga menyebut, akan lebih baik lagi jika kurma ditambah sedikit garam mineral non rafinasi atau biasa dikenal dengan garam Himalaya.

“Jadi kurmanya dimakan dengan itu (butter), itu akan memberikan kekuatan yang sangat luar biasa,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)