9 Panduan Santap Sahur Sehat agar Puasa Lancar Selama Ramadan

Senin, 11 Maret 2024 - 23:40 WIB
loading...
9 Panduan Santap Sahur Sehat agar Puasa Lancar Selama Ramadan
Sebelum berpuasa di waktu fajar hingga maghrib, kita dianjurkan untuk bersantap sahur sesaat sebelum adzan subuh. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ramadan telah tiba, seluruh umat muslim di seluruh dunia pun bersiap untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh. Sebelum berpuasa di waktu fajar hingga maghrib, kita dianjurkan untuk bersantap sahur sesaat sebelum adzan subuh.

Perawat sekaligus health educator Rizal Do punya beberapa panduan atau tips yang sebaiknya dilakukan oleh masyarakat ketika bersantap sahur. Hal itu bertujuan agar tubuh tetap sehat dan mendapat asupan yang cukup ketika bulan puasa.

Menilik akun X pribadinya, @afrkml, berikut panduan sahur yang diberikan Rizal untuk masyarakat yang akan menjalankan ibadah puasa.


1. Santap Makanan Berkuah

Rizal menuturkan, saat sahur usahakan untuk mengonsumsi makanan berkuah. Sebab, cairan yang terkandung dalam kuah makanan dapat lebih mudah terserah oleh sel tubuh.

2. Makan Makanan Tinggi Serat

Tahukah Anda makanan tinggi serat itu dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama? Biasanya makanan jenis ini banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan. Untuk itu, Rizal Do menyarankan saat sahur masyarakat bisa memenuhi kebutuhan tubuh ini.

“Sayuran dan buah akan bikin kamu kenyang lebih lama. Usahakan ada minimal dua variasi sayuran,” kata Rizal Do.

3. Padat Kalori

Tidak hanya serat, pemilihan karbohidrat kompleks juga bisa memberikan energi lama pada tubuh jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana.

4. Atur untuk Minum Satu Gelas

Rizal Do mengatakan, ada baiknya seseorang terlebih dulu meminum satu gelas air putih pada saat bangun tidur, sebelum makan sahur, dan setelah makan sahur. Hal ini bertujuan untuk mencegah tubuh dari dehidrasi.

5. Hindari Minuman Berkafein

Pada saat bulan puasa minuman berkafein seperti teh atau kopi memang kerap ditemukan sebagai teman berbuka puasa maupun sahur. Namun usahakan agar menghindari kebiasaan itu karena bisa membuat kita buang air kecil (BAK) secara terus-menerus sehingga banyak cairan yang terbuang.

“Kalau bisa hindari minum teh anget atau kopi karena bisa beser dan cairan terbuang,” katanya.


6. Kurangi Makanan Berlemak, Gorengan, dan Pedas

Sulit rasanya untuk menghindari makanan berlemak, gorengan, dan pedas pada saat sahur. Tapi, mau tidak mau kebiasaan itu harus dikurangi atau bahkan tidak dilakukan demi bisa menjaga kesehatan saat berpuasa.

7. Siapkan Makan Sahur sebelum Tidur

Meskipun terlihat sepele, tetapi kondisi ini dapat membantu seseorang menyiapkan sahur lebih cepat dan tidak terburu-buru.

“Siapkan makanan sahur sebelum tidur sehingga Anda bisa bangun mendekati adzan subuh dan makan agar tidak perlu tidur lagi,” tutur Rizal.

8. Tidak Rebahan atau Tidur usai Sahur

Pada saat menunggu adzan subuh atau setelah sahur mungkin seseorang akan menghabiskan waktunya dengan bersantai sambil tiduran. Padahal, kebiasaan ini tidak boleh dilakukan karena bisa meningkatkan risiko refluks atau naiknya lambung ke kerongkongan yang semakin lama bisa membuat orang itu terkena gerd.

9. Tidak Makan Berlebihan

Meskipun tujuan sahur untuk mencegah rasa lapar dan haus pada saat berpuasa, namun bukan berarti kondisi itu dimanfaatkan sebagai ajang makan sebanyak-banyaknya, terlebih dengan berfokus pada asupan karbohidrat. Karena hal itu hanya akan membuat lonjakan glukosa yang nantinya akan secara drastis membuat Anda merasa lapar di pagi hari.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)