8 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Kesehatan

Selasa, 12 Maret 2024 - 20:40 WIB
loading...
8 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Kesehatan
Ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika tidak sahur. Melewati sahur atau tidak makan dan minum sebelum berpuasa dapat menyebabkan berbagai dampak negatif. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika tidak sahur selama puasa Ramadan. Melewati sahur atau tidak makan dan minum sebelum berpuasa dapat menyebabkan berbagai dampak negatif pada tubuh.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengatakan bahwa sebagian orang kerap melewatkan sahur saat puasa karena berbagai alasan. Padahal, sahur penting untuk tubuh lantaran membantu menutrisi selama menjalani puasa sepanjang hari.

"Saya lihat banyak teman-teman yang suka skip sahur ya ternyata. Padahal sahur itu penting banget, terutama buat kamu yang mau puasanya lancar. Sahur itu bisa bantu kamu jaga rasa lapar dan bantu menutrisi kebutuhan nutrisimu selama berpuasa," kata dr. Dion dikutip dari akun Instagram pribadinya, @dionharyadi, Selasa (12/3/2024).

Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Sahur



Berikut beberapa hal yang terjadi pada tubuh jika tidak selama puasa Ramadan.



8 Hal yang Terjadi pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Kesehatan

Foto/Infografis SINDOnews

1. Penurunan Kadar Gula Darah


Salah satu efek paling umum dari tidak sahur adalah penurunan kadar gula darah. Ketika Anda tidur, tubuh terus-menerus menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Melewatkan makanan dan minuman saat sahur dapat menyebabkan penurunan drastis dalam kadar gula darah. Ini dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, gemetar, dan bahkan pingsan.

2. Dehidrasi


Melewatkan sahur juga berarti Anda melewatkan kesempatan untuk minum cairan setelah waktu tidur yang panjang. Ini dapat menyebabkan dehidrasi, terutama di daerah-daerah dengan iklim panas atau bagi mereka yang berpuasa di musim panas.

3. Penurunan Energi dan Produktivitas


Sahur memberi tubuh Anda sumber energi yang diperlukan untuk memulai hari berpuasa. Tanpa sahur, Anda merasa lelah, lemah, dan kurang produktif selama hari itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4093 seconds (0.1#10.140)