Anak Belajar Puasa, Begini Cara Agar Tidak Mudah Lapar di Siang Hari

Kamis, 14 Maret 2024 - 06:00 WIB
loading...
Anak Belajar Puasa, Begini Cara Agar Tidak Mudah Lapar di Siang Hari
Mengajarkan anak untuk tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa membutuhkan pendekatan lembut dan pengertian. Hal ini penting diketahui orang tua. Foto/Istock Photo
A A A
JAKARTA - Mengajarkan anak untuk tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa membutuhkan pendekatan yang lembut dan pengertian. Hal ini penting diketahui para orang tua yang melatih anak puasa di usia dini.

Berbeda dengan anak-anak, orang dewasa akan lebih mudah menahan lapar di siang hari saat puasa . Namun, bagi si kecil yang baru belajar puasa, tidak makan dan minum selama beberapa jam di bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Beruntungnya ada beberapa cara agar anak tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa. Dengan mengimplementasikan tips-tips ini secara konsisten dan memberikan dukungan yang memadai, Anda dapat membantu anak mengatasi rasa lapar selama belajar puasa dengan lebih baik.

Cara Agar Anak Tidak Mudah Lapar di Siang Hari saat Puasa



Berikut cara agar anak tidak mudah lapar di siang hari saat belajar puasa dilansir dari Health Shots, Kamis (14/3/2024).



1. Persiapkan Sahur yang Tepat


Pastikan anak Anda memiliki sahur yang seimbang dan bergizi. Pilihlah makanan yang kaya akan serat, protein, dan karbohidrat kompleks untuk membantu menjaga kenyang dan energi di siang hari.

2. Ajarkan Pemahaman tentang Puasa


Jelaskan kepada anak tentang arti dan tujuan berpuasa dalam agama Islam. Berbicaralah tentang kesabaran, kemandirian, dan kekuatan spiritual yang didapat dari berpuasa.

3. Libatkan Anak dalam Persiapan Sahur


Ajak anak Anda untuk membantu mempersiapkan sahur. Ini tidak hanya dapat membuat mereka lebih tertarik dengan makanan yang mereka konsumsi, tetapi juga memberikan rasa tanggung jawab dan keterlibatan dalam proses puasa.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Menjaga Kesehatan


Pastikan anak Anda minum banyak air selama sahur dan berbuka. Air membantu menjaga tubuh terhidrasi dan mengurangi rasa lapar. Hindari makanan yang terlalu manis atau berlemak, karena ini dapat membuat rasa lapar muncul lebih cepat.



5. Berikan Makanan Ringan di Antara Waktu Sahur dan Berbuka


Berikan anak Anda makanan ringan yang sehat di antara waktu sahur dan berbuka. Misalnya, buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak. Ini membantu menjaga kadar gula darah stabil dan mengurangi rasa lapar.

6. Aktivitas Fisik yang Tepat


Ajak anak Anda untuk melakukan aktivitas fisik yang ringan selama berpuasa, seperti berjalan-jalan atau bermain di luar rumah. Aktivitas fisik membantu mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan meningkatkan peredaran darah, yang dapat membantu mengurangi rasa lapar.

7. Beri Dukungan dan Dorongan


Berikan anak Anda dukungan dan dorongan yang cukup selama belajar puasa. Pujilah mereka atas usaha mereka dalam menjalankan ibadah puasa, dan berikan motivasi untuk terus melanjutkan.

8. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup


Pastikan anak Anda mendapatkan istirahat yang cukup selama belajar puasa. Kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan membuat anak lebih rentan terhadap merasa lelah dan lesu.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2770 seconds (0.1#10.140)