7 Hal yang Harus Orangtua Lakukan saat Anak Bilang Mau Belajar Puasa

Selasa, 13 April 2021 - 04:33 WIB
loading...
7 Hal yang Harus Orangtua Lakukan saat Anak Bilang Mau Belajar Puasa
Foto Ilustrasi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketika anak mengatakan mau mulai belajar puasa pada Ramadhan tahun ini, Anda sebagai orangtua pasti bangga sekaligus khawatir. Apakah dia akan baik-baik saja dengan tidak mengonsumsi apapun karena berpuasa?

Enyahkan pikiran itu, karena ketika anak sudah bilang mau puasa pada Ramadhan kali ini, maka tugas orangtua adalah mendukungnya. Tidak hanya itu, peran Anda sebagai orangtua sangat dibutuhkan di momen penting ini, khususnya untuk memastikan dia tetap sehat selama berpuasa.



Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof Aryono Hendarto, ada 7 hal yang harus diperhatikan dan dilakukan orangtua ketika si kecil bilang mau mencoba berpuasa. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Menu Sahur dan Berbuka

Salah satu hal penting yang harus dipahami orangtua ketika anak mau berpuasa adalah memastikan asupan asam amino tubuhnya tetap terjaga.

"Asam amino memegang peran penting dalam proses pertumbuhan si kecil. Kalau asam aminonya tetap terjaga, maka orangtua tidak usah khawatir ketika si anak mau mencoba berpuasa," kata Prof Aryono melalui siaran virtual, Senin (12/4).

Karena asam amino memainkan peran penting, maka orangtua harus memastikan adanya sumber makanan yang mengandung asam amino dalam menu sahur ataupun buka puasa anak. "Contoh paling sederhana dari sumber asam amino adalah protein hewani. Jadi, sangat disarankan beri makan anak yang berpuasa dengan makanan yang mengandung protein hewani," sarannya.

Tidak lupa, usahakan si kecil mengonsumsi buah dan sayur yang cukup selama buka puasa maupun sahur. Ini menjadi penting supaya gizinya terpenuhi dengan baik. "Kalau mau kasih nasi, ya nggak apa-apa. Tapi disarankan coba kombinasikan dengan kacang-kacangan atau ubi-ubian supaya tidak semua karbohidrat bersumber dari nasi yang membuat rasa kenyang mudah hilang," katanya.

2. Jangan Beri Paksaan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2113 seconds (0.1#10.140)