7 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung saat Buka Puasa

Kamis, 14 Maret 2024 - 15:05 WIB
loading...
7 Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung saat Buka Puasa
Penderita asam lambung ketika bulan puasa dianjurkan untuk selalu mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika berbuka. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Penderita asam lambung ketika bulan puasa dianjurkan untuk selalu mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika berbuka. Sebab, terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memicu tingginya sekresi penyakit ini.

Asam lambung merupakan penyakit pencernaan yang menimbulkan rasa nyeri di lambung. Umumnya penyakit ini menyerang secara tiba-tiba dan berlangsung singkat, namun ada saatnya juga penyakit ini menjadi sangat serius dan berlangsung lama.

Menurut laman UM Surabaya, faktor asam lambung sangat berperan pada penyakit gastritis atau maag. Hal tersebut dipicu dari makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi tingginya sekresi asam lambung.


Makanan dan Minuman Harus Dihindari Penderita Asam Lambung saat Buka Puasa

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang tinggi lemak cenderung membuat lambung bekerja lebih keras untuk mencerna, sehingga dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Hindari makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan berminyak, dan daging berlemak.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Hindari makanan pedas seperti sambal, cabai, dan makanan berbumbu tinggi.

3. Makanan Asam

Makanan asam seperti jeruk, tomat, dan cuka dapat merangsang produksi asam lambung. Hindari jus jeruk atau makanan yang mengandung banyak tomat saat berbuka puasa.

4. Makanan Tinggi Asam Amino

Makanan tinggi asam amino seperti daging merah, daging olahan, dan produk susu tinggi lemak dapat memicu produksi asam lambung. Pilihlah sumber protein yang lebih ringan seperti daging ayam tanpa kulit atau ikan.


5. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi dapat merangsang produksi asam lambung dan memperburuk gejala asam lambung. Lebih baik menghindari minuman berkafein dan memilih minuman yang lebih ringan seperti air putih atau jus buah tanpa gula tambahan.

6. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda dapat meningkatkan tekanan dalam lambung dan merangsang produksi asam lambung. Sebaiknya hindari minuman berkarbonasi saat berbuka puasa.

7. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, terutama yang mengandung gula tambahan, dapat mengganggu keseimbangan pH lambung dan memperburuk gejala asam lambung. Hindari makanan manis seperti kue-kue, permen, dan minuman bersoda.

Itulah tujuh jenis makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam lambung ketika berbuka puasa. Selain itu, setiap individu dapat memiliki reaksi yang berbeda terhadap makanan tertentu, jadi penting untuk memperhatikan gejala dan menghindari makanan atau minuman yang memicu gejala asam lambung setelah berbuka puasa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)