Segar Dibikin Es Buah untuk Buka Puasa, Ini 6 Manfaat Blewah

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:20 WIB
loading...
Segar Dibikin Es Buah untuk Buka Puasa, Ini 6 Manfaat Blewah
Blewah memiliki kandungan vitamin A dan C, potasium, serat, folat, kalsium, seng, fosfor, hingga magnesium. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk tubuh saat sedang berpuasa seperti saat ini. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia biasanya berbuka puasa dengan yang segar-segar. Salah satunya es buah. Hidangan ini biasanya terdiri dari berbagai macam buah, salah satunya blewah.

Buah berwarna kuning pucat ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Membuat es buah semakin terasa menyegarkan. Namun, di samping itu, buah ini ternyata juga kaya akan nutrisi.

Mengutip laman WebMD, blewah memiliki kandungan vitamin A dan C, potasium, serat, folat, kalsium, seng, fosfor, hingga magnesium. Semua nutrisi tersebut sangat baik untuk tubuh saat sedang berpuasa seperti saat ini.



Berikut penjelasan lebih lengkap tentang manfaat blewah untuk tubuh.

1. Menghidrasi Tubuh

Blewah hampir sama juicy-nya dengan semangka. Blewah juga mengandung elektrolit yaitu mineral yang menyeimbangkan cairan tubuh dan membantu kita tetap terhidrasi.

2. Membantu Cegah Asma

Beta-karoten yang ditemukan dalam blewah sebagai vitamin A dapat membantu mencegah asma di kemudian hari. Kolin, antioksidan yang ditemukan dalam blewah, juga dapat membantu mengurangi peradangan pada penderita asma.

3. Atasi Darah Rendah

Kandungan serat, potasium, dan vitamin C yang ada dalam blewah merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Serat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Ini juga dapat menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.


4. Kurangi Risiko Kanker

Serat dalam blewah dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker kolorektal. Antioksidan dalam blewah yang melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan cairan yang tinggi dan jumlah karbohidrat yang rendah membuat blewah memiliki skor kandungan glikemik yang rendah yaitu 4. Artinya, tubuh Anda mencernanya dengan lambat, dan tidak akan membuat gula darah melonjak. Jadi ini pilihan yang bagus untuk penderita diabetes.

6. Menutrisi Kulit dan Tingkatkan Pertumbuhan Rambut

Secangkir blewah mengandung lebih dari 100% asupan vitamin A harian yang Anda rekomendasikan. Ia juga mengandung hampir 100% vitamin C harian yang Anda rekomendasikan. Kedua nutrisi ini berperan besar dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin C membantu mendukung produksi kolagen alami Anda, protein struktural utama di rambut, tulang rawan, dan kulit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)