5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Sakit Maag saat Buka Puasa

Kamis, 14 Maret 2024 - 16:36 WIB
loading...
5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Sakit Maag saat Buka Puasa
Menu berbuka puasa menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika Anda memiliki riwayat sakit maag. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menu berbuka puasa menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika Anda memiliki riwayat sakit maag. Beberapa makanan bisa memicu kambuhnya penyakit tersebut.

Terlebih jika Anda mengonsumsinya langsung setelah berbuka puasa dalam keadaan perut yang kosong. Maag sendiri bisa menyebabkan rasa mual, perut kembung serta rasa tidak nyaman pada perut.

Dokter sekaligus content creator kesehatan, dr. Kevin Mak, membagikan beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat berbuka puasa apabila Anda memiliki penyakit maag. Ini dia daftarnya, seperti dilansir dari akun TikTok @drkevinmak, Kamis (14/3/2024).


1. Gorengan

Gorengan mengandung minyak yang tinggi. Hal ini dapat memicu rasa kembung dan begah setelah mengonsumsinya. Apalagi jika Anda mengonsumsi gorengan dalam jumlah yang banyak setelah buka puasa, perut akan terasa tak nyaman.

2. Kopi

Berbuka puasa dengan minum kopi bisa memicu naiknya asam lambung. Kandungan kafein yang ada di kopi juga bisa memicu gangguan perut jika Anda konsumsi dalam keadaan perut yang kosong. Kalau ingin minum kopi sebaiknya menunggu 1-2 jam setelah berbuka puasa dan tidak dalam kondisi perut yang kosong.

3. Makanan Pedas

Para pecinta pedas sebaiknya menahan diri untuk makan makanan serbapedas sesaat setelah berbuka puasa. Makanan pedas seperti ayam geprek, seblak, dan berbagai makanan pedas lainnya bisa menyebabkan sakit maag kambuh.


4. Minuman Manis

Takjil memang sangat identik dengan minuman yang manis dan mengandung gula. Namun, hal ini tak disarankan untuk menjadi pilihan menu berbuka puasa. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa memicu gangguan pencernaan dan tubuh jadi semakin dehidrasi.

5. Mi Instan

Berbuka puasa dengan mi instan sebaiknya dihindari. Sebab mi instan mengandung garam yang tinggi dan tepung yang juga tinggi. Sehingga jika perut Anda kosong dan langsung makan mi instan, maka perut akan terasa nyeri hingga melilit.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1279 seconds (0.1#10.140)