Berkunjung ke Akademi Islam Bolgar, Tempat Menimba Ilmu Islam hingga Jenjang S-3 di Rusia

Kamis, 14 Maret 2024 - 16:16 WIB
loading...
Berkunjung ke Akademi Islam Bolgar, Tempat Menimba Ilmu Islam hingga Jenjang S-3 di Rusia
Akademi Islam Bolgar, yang dikenal dengan Bolgar Islamic Academy atau Bolgarskaya Islamskaya Akademiya yang berlokasi di Bolgar, Republik Tatarstan, Rusia. Foto/MPI/Michelle Natalia
A A A
BOLGAR - Siapa yang menyangka bahwa di daratan dingin Rusia terdapat sebuah hidden gem untuk menempuh pendidikan Ilmu Islam hingga level doktor atau S-3. Tempat itu adalah Akademi Islam Bolgar, yang dikenal dengan Bolgar Islamic Academy atau Bolgarskaya Islamskaya Akademiya yang berlokasi di Bolgar, Republik Tatarstan, Rusia.

Bahkan, universitas ini juga terletak di belakang White Mosque Bolgar atau Masjid Putih Bolgar yang terkenal sebagai Taj Mahal ala Rusia.

Bolgar Islamic Academy dibuka pada 2017, berfokus di level pendidikan S-2 dan S-3 untuk Ilmu Islam serta riset di bermacam-macam cabang dari teologi Islam. Bahkan, universitas ini merupakan sebuah proyek federal yang didukung oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Tujuan Bolgar Islamic Academy adalah untuk menyatukan umat muslim di Rusia yang berdasar pada kebangkitan sekolah teologis Rusia dan mengembangkan pendidikan Islami. Untuk bisa menempuh pendidikan di universitas ini, para pelajar harus bisa menguasai bahasa Arab dan Rusia, dengan bahasa Arab dijadikan bahasa pengantar pendidikan dan juga untuk sidang disertasi.



Untuk saat ini, universitas tersebut masih diisi seluruhnya oleh para pelajar laki-laki, dengan rencana membuka peluang bagi pelajar perempuan dalam waktu dekat.

Universitas ini juga didirikan utamanya untuk melatih para cendekiawan, teolog, serta tokoh agama yang berkualifikasi tinggi dan kompetitif, yang terpanggil untuk menjadi personel elit bagi umat muslim di Rusia.

Universitas ini menerapkan program pendidikan profesional untuk pendidikan agama yang lebih tinggi selama 3 tahun, untuk studi magister dan doktoral ke arah pelatihan para menteri serta personel keagamaan organisasi keagamaan, seperti misalnya bidang Ilmu Islam, profil Hukum Islam, Teologi Islam, Kajian Al-Quran, dan Kajian Hadits.

Universitas ini juga menawarkan program magister jurusan 48 04 01 Teologi antara lain profil 'Hubungan Negara dan Pengakuan dalam Konteks Teologi Islam'.

Dengan demikian, para pelajar di universitas ini berkesempatan untuk memperoleh dua diploma secara bersamaan di bidang sekuler dan keagamaan secara kompetitif, yang tentunya secara signifikan meningkatkan daya saing mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)