9 Manfaat Tidur, dari Restorasi Fisik hingga Memperpanjang Usia

Jum'at, 15 Maret 2024 - 22:38 WIB
loading...
9 Manfaat Tidur, dari Restorasi Fisik hingga Memperpanjang Usia
Tidur memiliki banyak manfaat. Bahkan, setiap 15 Maret diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia. Foto/ fox
A A A
JAKARTA – Tidur memiliki banyak manfaat. Bahkan, setiap 15 Maret diperingati sebagai Hari Tidur Sedunia. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran tentang prevalensi gangguan tidur dan beberapa dampak positif tidur untuk kesehatan tubuh dan mental.

Lantas, apa saja dampak positif tidur bagi kesehatan? Berikut di antaranya, dilansir dari laman News18, Jumat, (15/3/2024).


Manfaat Tidur

1. Restorasi Fisik

Saat tidur, tubuh mengalami perbaikan dan regenerasi. Jaringan dan otot dibangun kembali, dan sistem kekebalan tubuh diperkuat, berkontribusi pada kesehatan fisik yang lebih baik.

2. Kesehatan Mental

Tidur yang cukup berperan penting dalam mendukung kesehatan mental. Ini membantu mengatur suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan ketahanan emosional. Pasalnya, kurang tidur kronis dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan kesehatan mental.

3. Fungsi kognitif

Tidur sangat penting untuk fungsi kognitif yang optimal, termasuk konsolidasi memori, kemampuan memecahkan masalah, dan kewaspadaan mental secara keseluruhan. Pikiran yang cukup istirahat akan lebih fokus dan lebih siap menghadapi tantangan sehari-hari.

4. Kesehatan jantung

Kurang tidur telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Nah, tidur berkualitas membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan sistem kardiovaskular yang lebih sehat.

5. Manajemen Berat Badan

Tidur mempengaruhi hormon rasa lapar dan metabolisme. Pasalnya, kurang tidur kerap dikaitkan dengan penambahan berat badan dan obesitas, karena dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tidur yang berkualitas memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit. Tidur yang konsisten sangat penting untuk menjaga kesehatan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

6. Mengurangi Stres

Tidur adalah pereda stres alami. Ini membantu menurunkan hormon stres, meningkatkan rasa relaksasi dan meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stres sehari-hari.

7. Peningkatan Konsentrasi dan Produktivitas

Individu yang cukup istirahat akan lebih waspada, fokus, dan produktif. Tidur berkualitas dikaitkan dengan peningkatan konsentrasi, keterampilan memecahkan masalah, dan kinerja tempat kerja secara keseluruhan.

8. Keseimbangan Hormon

Tidur sangat penting untuk pengaturan berbagai hormon, termasuk hormon yang mempengaruhi pertumbuhan, respons stres, dan kesehatan reproduksi. Kadar hormon yang seimbang berkontribusi terhadap kesejahteraan secara keseluruhan.


9. Memperpanjang usia

Penelitian menunjukkan bahwa tidur teratur dan cukup dikaitkan dengan peningkatan harapan hidup. Ini adalah komponen mendasar dari gaya hidup sehat yang berkontribusi terhadap umur panjang secara keseluruhan.

Memprioritaskan tidur yang baik adalah aspek mendasar dalam menjaga kesehatan. Kebiasaan ini juga berdampak positif pada kesejahteraan fisik, mental, dan emosional, menjadikannya komponen penting dari gaya hidup sehat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)