Mengenal Serangan Jantung seperti yang Dialami Donny Kesuma, Gejala dan Pencegahannya

Minggu, 17 Maret 2024 - 07:01 WIB
loading...
A A A
Obesitas
Obesitas dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, tingginya kadar trigliserida dan kolesterol jahat, serta rendahnya kadar kolesterol baik.

Diabetes
Gula darah meningkat ketika tubuh tidak membuat hormon yang disebut insulin atau tidak dapat menggunakannya dengan benar. Gula darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung.

Sindrom metabolik
Ini merupakan kombinasi dari setidaknya tiga hal berikut: pinggang membesar (obesitas sentral), tekanan darah tinggi, kolesterol baik rendah, trigliserida tinggi, dan gula darah tinggi. Memiliki sindrom metabolik membuat Anda dua kali lebih mungkin terkena penyakit jantung dibandingkan jika Anda tidak mengidapnya.

Riwayat keluarga
Jika saudara laki-laki, saudara perempuan, orang tua atau kakek-nenek mengalami serangan jantung dini (pada usia 55 tahun untuk pria dan pada usia 65 tahun untuk wanita), Anda mungkin berisiko lebih tinggi.

Tidak cukup berolahraga
Kurangnya aktivitas fisik (gaya hidup sedentary) dikaitkan dengan risiko serangan jantung yang lebih tinggi. Olahraga teratur meningkatkan kesehatan jantung.

Pola makan yang tidak sehat
Pola makan tinggi gula, lemak hewani, makanan olahan, lemak trans, dan garam meningkatkan risiko serangan jantung. Makan banyak buah-buahan, sayuran, serat dan minyak sehat.

Kondisi autoimun
Memiliki kondisi seperti rheumatoid arthritis atau lupus dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Pencegahan

Tidak ada kata terlambat untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah serangan jantung, bahkan jika Anda sudah pernah mengalaminya. Berikut cara mencegah serangan jantung.

Ikuti gaya hidup sehat
Jangan merokok. Pertahankan berat badan yang sehat dengan pola makan yang menyehatkan jantung. Berolahragalah secara teratur dan kelola stres.



Kelola kondisi kesehatan lainnya
Kondisi tertentu, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan Anda seberapa sering Anda memerlukan pemeriksaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)