Dokter Sebut Buah Sama Bahayanya dengan Alkohol Jika Dikonsumsi Berlebihan, Ramai Diperdebatkan
Kamis, 21 Maret 2024 - 10:39 WIB
loading...
A
A
A
“Begitu dia masuk ke tubuh maka akan langsung termetabolisme ke liver. Terlalu banyak konsumsi gula fruktosa bisa sebabkan peradangan dan perlemakan di liver,” lanjut dia.
Dokter Harun juga menjelaskan, perlemakan di liver sendiri tak hanya disebabkan oleh konsumsi alkohol, namun juga bisa karena mengonsumsi buah secara berlebihan.
“Ada dua fatty liver, yaitu fatty liver non alcohol dan fatty liver alcohol. Jadi gak semua fatty liver dikarenakan alkohol ya. Biasanya yang kena fatty liver non alcohol itu karena makan buah berlebihan,” paparnya.
“Dari suatu penelitian yang terbit di jurnal Eropa tahun 2010 menyebutkan bahwa kalau makan buat tiap hari dengan porsi di atas 30% isi piring, itu bisa sebabkan perlemakan di liver,” lanjutnya.
Dokter Harun lantas menyarankan agar membatasi atau tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah-buahan yang mengandung fruktosa. Misalnya anggur, apel, dan nanas.
Dokter Harun juga menjelaskan, perlemakan di liver sendiri tak hanya disebabkan oleh konsumsi alkohol, namun juga bisa karena mengonsumsi buah secara berlebihan.
“Ada dua fatty liver, yaitu fatty liver non alcohol dan fatty liver alcohol. Jadi gak semua fatty liver dikarenakan alkohol ya. Biasanya yang kena fatty liver non alcohol itu karena makan buah berlebihan,” paparnya.
“Dari suatu penelitian yang terbit di jurnal Eropa tahun 2010 menyebutkan bahwa kalau makan buat tiap hari dengan porsi di atas 30% isi piring, itu bisa sebabkan perlemakan di liver,” lanjutnya.
Dokter Harun lantas menyarankan agar membatasi atau tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah-buahan yang mengandung fruktosa. Misalnya anggur, apel, dan nanas.
Lihat Juga :