7 Menu Sahur Tinggi Serat, Bikin Kenyang Lebih Lama

Sabtu, 23 Maret 2024 - 03:30 WIB
loading...
7 Menu Sahur Tinggi Serat, Bikin Kenyang Lebih Lama
Menu sahur tinggi serat sangat dianjurkan dikonsumsi selama bulan puasa ini. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menu sahur tinggi serat sangat dianjurkan dikonsumsi selama bulan puasa ini. Pasalnya, makanan tersebut dapat membuat tubuh lebih kuat untuk menahan haus dan lapar dalam waktu yang lama.

Berpuasa baik untuk kesehatan bila pola makan ketika sahur dan berbuka juga dilakukan secara benar. Maka itu, penting untuk memperhatikan asupan selama Ramadan ini, agar puasa lancar dan tubuh pun semakin sehat.

Asupan yang sehat terutama harus diperhatikan pada saat sahur. Santap sahur sangat penting untuk menyediakan energi selama seharian berpuasa. Nah, terkait hal itu, ada beberapa jenis makanan yang wajib Anda konsumsi ketika sahur. Salah satunya makanan tinggi serat.



Makanan tinggi serat bisa memperlambat pengosongan lambung, yang artinya bikin perasaan kenyang akan bertahan lebih lama. Selain itu, asupan tinggi serat juga dapat mencegah sembelit yang rentan terjadi akibat perubahan pola makan, minimnya asupan cairan dan nutrisi, serta kurangnya jumlah tidur selama Ramadan.

Menu Sahur Tinggi Serat

1. Beras Merah

Mengutip Healthline, beras merah mempunyai kandungan serat dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan beras putih. Selain itu, beras meras juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Maka, ketimbang nasi putih, ada baiknya Anda mengonsumi beras merah saat sahur.

2. Jagung

Jagung memiliki kandungan serat tinggi yaitu 12 gram. Jenis sayuran ini bisa dijadikan pengganti nasi karena merupakan sumber karbohidrat yang baik. Jagung juga dapat mengatasi masalah pencernaan dan mengatasi risiko diare akibat mengonsumsi makanan yang berlebihan.

3. Ubi

Seperti jagung, ubi pun bisa dijadikan pengganti nasi. Ubi kaya akan serat. Selain itu, makanan ini juga dapat membuat perut kenyang lebih lama.

4. Gandum

Gandum merupakan makanan tinggi serat namun jika dikonsumsi dalam bentuk biji-bijian utuh. Makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti roti gandum utuh, pasta gandum utuh, dan oatmeal juga merupakan sumber serat yang baik.


5. Buah

Beberapa buah diketahui kaya akan serat yang baik untuk menahan haus dan lapar ketika berpuasa seharian. Buah-buahan yang tinggi serat antara lain apel, pir, alpukat, pisang, dan jeruk.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan serat yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Maka itu, konsumsilah sayur ketika sahur, jenisnya seperti bayam, brokoli, kangkung, dan kacang panjang.

7. Wortel

Dalam 100 gram wortel segar terkandung 2,8 gram serat. Makanan berserat tinggi ini bisa membuat Anda kenyang lebih lama saat berpuasa. Anda dapat mengonsumsi potongan wortel rebus untuk melengkapi hidangan utama saat santap sahur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2148 seconds (0.1#10.140)