Ritual Sandhy Sondoro sebelum Manggung, Kunyah Kencur

Senin, 25 Maret 2024 - 21:45 WIB
loading...
Ritual Sandhy Sondoro sebelum Manggung, Kunyah Kencur
Sandhy Sandoro dikenal dengan warna suaranya yang khas dan berkharisma. Foto/MPI/Annastasya Ryzkia
A A A
JAKARTA - Sandhy Sandoro dikenal dengan warna suaranya yang khas dan berkharisma. Telah melanglang buana di industri musik Tanah Air, membuat Sandhy memiliki cara khusus untuk menjaga pita suaranya.

Salah satunya menjadi ritual khusus sebelum tampil di atas panggung. Penyanyi 50 tahun itu memilih makan kencur sebagai cara ampuh menjaga suara sebelum bernyanyi.

“Saya makan kencur (sebelum manggung), saya gadoin,” ungkap Sandhy saat ditemui di Gedung iNews Tower, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).



Sandhy mengatakan, makan kencur sebelum manggung begitu bermanfaat untuk tenggorokannya. Cara ini bisa menjaga kestabilan suaranya saat di atas panggung.

Kebiasaan ini pun rutin Sandhy kerjakan, khususnya sebelum tampil agar memberikan penampilan dari suara terbaik.

“Ya memang itu bagus buat tenggorokan. Dan itu kan mengandung antibiotik ya,” terangnya.

Bukan cuma saat manggung, Sandhy juga sering mengonsumsi kencur ketika mulai merasa tidak enak badan. Ketika merasakan gejala flu, pelantun Tak Pernah Padam ini kerap mengonsumsi kencur untuk mengurangi gejala-gejala sakit pada tubuhnya.

“Saya kalau agak nggak enak badan dan ada gejala-gejala flu, udah, kunyah (kencur) aja,” paparnya.

Sementara itu, memakan kencur juga menjadi ritual untuk beberapa penyanyi Tanah Air. Salah satunya dilakukan Yura Yunita yang sempat viral karena mengonsumsi kencur sebelum manggung.

Para penyanyi Indonesia ini mengaku menemukan manfaat untuk tenggorokan dan suara mereka usai mengunyah kencur sebelum tampil di atas panggung.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1185 seconds (0.1#10.140)