6 Tips Mudik Aman untuk Penderita Darah Tinggi

Sabtu, 30 Maret 2024 - 04:43 WIB
loading...
6 Tips Mudik Aman untuk Penderita Darah Tinggi
Perlu persiapan matang bagi Anda yang ingin mudik, khususnya mereka yang memiliki riwayat hipertensi alias darah tinggi. Foto/ velocityuc.
A A A
JAKARTA - Melakukan perjalanan mudik tentu membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit hipertensi alias darah tinggi.

Pasalnya, perjalanan jauh yang membuat tubuh lelah akibat menghadapi kondisi jalanan yang macet, bisa membuat pemudik rentan stres .



Sementara, stres merupakan salah satu yang harus dihindari bagi penderita darah tinggi selama melakukan perjalanan mudik.

Lantas, bagaimana mengatasinya? Dilansir dari beberapa sumber pada Jumat (29/3/2024), berikut ulasannya.

Tips mudik untuk penderita hipertensi

1. Kelola stres

Manajemen stres sangat penting bagi Anda saat melakukan perjalanan mudik. Pasalnya, ada kalanya perjalanan yang tidak sesuai rencana akan berujung kepada emosi dan stres.

Saat stres, tubuh Anda akan melepaskan hormon stres adrenalin dan kortisol ke dalam darah yang mempersiapkan jantung berdetak lebih cepat dan menyempitkan pembuluh darah.

Istirahatlah segera dan bicarakan masalah dengan keluarga atau rekan mudik agar Anda tidak memendam stres sendirian dan membuat tekanan darah bertambah tinggi.

2. Jangan makan sembarangan

Berbeda dengan saat berada di rumah, saat mudik Anda tidak bisa memasak sendiri makanan sehingga ada kemungkinan makanan yang Anda pesan memiliki kandungan garam atau lemak yang kurang baik bagi penderita hipertensi.

Jika diperbolehkan, mintalah pada penjual makanan untuk memberikan garam dalam jumlah yang sedikit. Jika Anda ingin mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi garam, pastikan untuk membatasi jumlahnya.

Pastikan pula untuk mencatat apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi sehingga Anda bisa menentukan jumlahnya agar tidak berlebihan.

3. Tidur cukup

Jangan sampai kurang tidur hanya gara-gara terlalu menikmati momen mudik yang menyenangkan.

Pakar kesehatan meminta penderita hipertensi untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam demi menjaga tekanan darah tetap normal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)