Ahli Ungkap Sumber Penularan Flu Singapura, Salah Satunya Terkait Kebersihan Makanan

Minggu, 31 Maret 2024 - 22:30 WIB
loading...
A A A
“Penularan juga bisa melalui droplet (batuk, bersin, bicara). Kontak langsung dengan cairan serta luka tubuh pasien. Dan, makin buruk sanitasi maka makin tinggi tingkat kontaminasi dan laju infeksi,” terangnya.



Saat seseorang terinfeksi Flu Singapura, biasanya akan didahului dengan demam, sakit tenggorokan, dan batuk. Selain itu ada ciri yakni munculnya ruam lenting kemerahan pada telapak tangan, kaki, dan mulut dengan diameter 2-6 mm.

“Apabila lenting tersebut pecah maka bisa menjadi ulkus atau luka dan krusta atau koreng. Sedangkan lenting di mulut bersifat nyeri. Bisa terdapat di tenggorokan dan langit-langit mulut. Apabila lenting di mulut pecah, maka akan menjadi sariawan,” bebernya.

Dokter Erlina menegaskan, sebagai upaya mencegah penyebaran Flu Singapura, penting untuk menjalankan langkah-langkah pencegahan yang tepat tentang kebersihan pribadi.

“Nah cara mencegah Flu Singapura ini adalah dengan menerapkan gaya hidup higienis, makan makanan matang, disinfeksi toilet dan benda-benda yang berada dalam jangkauan anak,” ungkapnya.

“Jadi saya harap kita semua bisa jaga kesehatan ya. Dimulai dari rajin mencuci tangan,” pungkas dr. Erlina.
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)