4 Tips Membuat Nastar Enak yang Cantik dan Awet

Rabu, 03 April 2024 - 05:50 WIB
loading...
4 Tips Membuat Nastar Enak yang Cantik dan Awet
Nastar menjadi salah satu kue kering yang sering disajikan saat lebaran. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Nastar menjadi salah satu kue kering yang sering disajikan saat lebaran. Kue ini selalu ada di meja untuk disantap di momen hari raya.

Nastar sendiri merupakan kue kering dengan isian selai nanas di dalamnya. Kue ini memiliki warna kuning nan cantik serta tekstur yang lembut.

Namun, membuat nastar butuh ketelitian agar memiliki rasa, warna, dan tekstur yang sempurna. Ada tips khusus supaya nastar lebaran Anda bisa cantik dan lezat saat disantap di hari lebaran.



Berikut tips membuat nastar yang cantik dan lezat, dilansir kanal YouTube Mickey’s Little Pastry, Rabu (3/4/2024).

1. Tidak Mengocok Margarin Terlalu Lama

Tips pertama ialah tidak mengocok margarin ataupun mentega terlalu lama. Usahakan mengocok margarin menggunakan mixer kurang lebih 30-60 detik saja.

Mengocok margarin terlalu lama akan membuat adonan mengeluarkan banyak udara sehingga mempengaruhi tekstur kue. Dengan begitu, nastar akan mudah rapuh dan retak.

2. Pastikan Isian Sudah Kering

Nastar biasanya diisi dengan selai nanas yang kita buat sendiri. Saat hendak memasukkan selai nanas ke adonan, pastikan isian tersebut sudah cukup kering dan tidak terlalu basah.

Isian nastar yang terlalu basah akan menguap saat di oven. Itu juga bisa membuat nanas jadi retak sehingga kurang cantik.


3. Perbandingkan Kulit dan Isian

Menyantap kue nastar dengan selai nanas yang banyak memang terasa sedap. Namun, nastar yang memiliki isian terlalu banyak justru berisiko membuatnya pecah dan tidak cantik.

Kulit nastar akan mengembang saat dipanggang. Untuk itu, bila isinya terlalu banyak, nastar bisa pecah dan terlihat berantakan.

4. Pakai Kuning Telur untuk Olesan

Setelah nastar dibentuk, mengoleskan telur sebelum dipanggang juga akan membuat nastar terlihat glowing dan cantik. Tipsnya adalah mengenakan kuning telur, bukan telur utuh.

Memberikan olesan kuning telur di atas adonan nastar akan membuat kue terlihat glowing dengan warna kuning yang menggoda.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)