3 Tips Cegah Gula Darah Naik saat Santap Hidangan Idul Fitri

Rabu, 03 April 2024 - 08:38 WIB
loading...
3 Tips Cegah Gula Darah Naik saat Santap Hidangan Idul Fitri
Tips mencegah gula darah naik saat Idul Fitri sangatlah diperlukan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Tips mencegah gula darah naik saat Idul Fitri sangatlah diperlukan. Sebagaimana diketahui, Idul Fitri sering disebut sebagai hari kemenangan yang penuh kebahagiaan. Pada momen ini, seluruh umat muslim berkumpul bersama dengan keluarga mereka untuk bersilaturahmi.

Selain itu, di momen lebaran ini juga tersedia berbagai hidangan lezat untuk disantap bersama-sama. Beberapa makanan yang tersaji saat lebaran biasanya ketupat, opor ayam, rendang daging, kentang balado, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Di samping itu, ada pula kue kering yang tersaji. Biasanya ada nastar, putri salju, semprit, hingga lidah kucing. Ada juga makanan manis seperti cokelat dan permen.



Semua makanan tersebut sangatlah lezat. Terkadang membuat seseorang kalap ingin menyantap semuanya. Namun, penting untuk mengonsumsi secukupnya saja, apalagi bagi para penderita diabetes.

Berikut tips mencegah gula darah naik saat menyantap hidangan Idul Fitri.

1. Perhatikan Porsi Makanan

Makanan dan minuman yang tersedia saat perayaan Idul Fitri memang jarang ditemui pada hari-hari biasa. Untuk itu, tidak apa jika ingin menyantapnya. Namun, penting untuk menyadari ukuran porsi yang Anda makan. Hal ini berguna untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Di samping mengonsumsi makan-makanan khas lebaran, Anda juga jangan sampai lupa untuk memenuhi asupan serat dan vitamin dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur dan buah.


2. Kelola Kadar Gula Darah

Anda perlu memeriksa kadar gula darah lebih sering selama perayaan untuk memastikan kadarnya tetap dalam kisaran target. Jika kadar gula darah diperkirakan meningkat mendekati target, maka waspadalah dengan segala asupan yang Anda makan.

3. Ingatlah untuk Selalu Aktif

Selama perayaan, tetap penting untuk meluangkan waktu berolahraga guna membantu mengelola diabetes Anda. Aktivitas fisik teratur dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah, tekanan darah, dan lemak darah. Usahakan untuk tetap aktif, misalnya dengan jalan-jalan menemui teman saat merayakan lebaran.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2298 seconds (0.1#10.140)